ASN Diimbau Laporkan SPT Pajak Penghasilan secara Online

Dia juga menegaskan, pelaporan pajak penghasilan ini juga merupakan kewajiban ASN yang harus dilaksanakan.

ASN Diimbau Laporkan SPT Pajak Penghasilan secara Online
TRIBUN KALTIM / DOAN E PARDEDE
Bupati Bulungan, Sudjati, dan Sekkab Bulungan, Syahril, melaporkan SPT ke KP2KP Tanjung Selor, Jl Kolonel Soetadji, Kamis (17/3/2016). 

Laporan Wartawan Tribunkaltim.co, Doan Pardede

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Saat ini, pelaporan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak penghasilan pribadi bisa lebih mudah.

Para wajib pajak kini tak perlu mendatangi Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) setempat.

Cukup dengan memanfaatkan aplikasi yang disebut e-Filling, pelaporan SPT sudah bisa dilakukan secara online melalui tablet ataupun smartphone.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bulungan, Drs Syafril, dalam sosialisasi pengisian SPT melalui e-Filling di ruang serbaguna Kantor Bupati Bulungan, Jalan Jelarai, Tanjung Selor, Kamis (9/3/2017) mengimbau agar para wajib pajak khususnya Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Bulungan memanfaatkan kemudahan ini.

Dia juga menegaskan, pelaporan pajak penghasilan ini juga merupakan kewajiban ASN yang harus dilaksanakan.

“Pengisian secara online ini lewat smartphone pun bisa sehingga tidak merepotkan petugas KP2KP,” ujar Syafril dala sosialisasi yang antara lain dihadiri para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), sekretaris, kasubbag umum, dan kepegawaian serta bendahara pengeluaran di lingkungan Pemkab Bulungan tersebut.

Sementara itu, Kepala KP2KP Tanjung Selor, Bambang Sugeng menambahkan, penyampaian SPT merupakan kewajiban bagi ASN, TNI dan Polri.

Untuk memudahkannya, Dirjen Pajak pun menciptakan pelayanan pajak secara online melalui alamat http://www.pajak.go.id atau https://efiling.pajak.go.id.

“Melalui e-filing ini, kalau data tahun lalu sudah ada dan tahun ini tidak ada yang berubah, maka tinggal dipakai lagi. Kelemahannya, karena dipakai 1 tahun sekali bisa nanti lupa email dan password terutama EFIN (Electronic Filing Identification Number, Red),” urainya.

Ditambahkannya, penyampaian SPT secara online ini bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu mengisi SPT secara online atau meng-upload e-SPT.

Wajib pajak juga diminta menyiapkan bukti pendukung sebelum mengisi SPT secara online, antara lain bukti pemotongan pajak, daftar penghasilan, daftar harta atau utang dan dokumen terkait lainnya.

“Data pendukung tersebut cukup disiapkan untuk mengisi SPT secara online, tidak perlu dilampirkan,” katanya. (*)

Penulis: Doan E Pardede
Editor: Kholish Chered
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help