Tindaklanjuti Demo Warga, BPN Tetap Berpegang pada Bukti Kepemilikan

Namun sayangnya kata Henri, Tim BPN hanya ditunjukkan lokasi-lokasi lahan yang disinyalir bermasalah.

Tindaklanjuti Demo Warga, BPN Tetap Berpegang pada Bukti Kepemilikan
TRIBUN KALTIM/DOAN PARDEDE
Demo ratusan warga di depan kantor BPN Kabupaten Bulungan, Jalan Kolonel Soetadji, Tanjung Selor, pekan lalu. 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Tuntutan ratusan warga Desa Mangkupadi yang melakukan aksi demonstrasi di kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bulungan pekan lalu, belum menunjukkan kemajuan berarti.

Kesepakatan awalnya, Tim BPN akan turun langsung ke titik-titik lahan yang disinyalir masuk ke dalam wilayah Hak Guna Usaha (HGU) perusahaan sawit PT Bulungan Citra Agro Persada (BCAP) yang ada di Desa Mangkupadi.

Kepala BPN Kabupaten Bulungan, Henri Rustandi Butar-Butar ketika ditemui di ruangannya, Jalan Kolonel Soetadji, Tanjung Selor, Kamis (9/3/2017) siang menyampaikan, sesuai kesepakatan, Tim BPN sudah meninjau langsung lokasi-lokasi lahan warga yang disinyalir masuk ke dalam HGU perusahaan sawit tersebut pada, Senin (6/3/2017) lalu.

Namun sayangnya kata Henri, Tim BPN hanya ditunjukkan lokasi-lokasi lahan yang disinyalir bermasalah, tanpa disertai bukti kepemilikan lahan yang sah.

Baca: Lahan Kuburan dan Separuh Kampung Masuk HGU Perusahaan, Ini Tanggapan Kepala BPN

"Kita hanya ditunjuk lokasinya dimana," katanya.

Untuk menindaklanjuti masalah tersebut, BPN masih memberikan kesempatan pada warga untuk menunjukkan bukti kepemilikan lahan yang sah.

Sembari menunggu kata Henri, hasil peninjauan yang sudah dilakukan tetap akan dilaporkan ke Kanwil BPN Kaltim di Kota Samarinda.

"Karena Kanwil juga sudah menunggu laporan saya," ujarnya. (*)

Penulis: Doan E Pardede
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help