TribunKaltim/

Manakah yang Lebih Efektif, Olahraga di Gym atau di Luar Ruangan? Baca Dulu Ini

Olahraga di gym atau luar ruangan ternyata memiliki efektivitas yang berbeda bagi kesehatan. Tergantung pada misi olahraga yang Anda lakukan.

Manakah yang Lebih Efektif, Olahraga di Gym atau di Luar Ruangan? Baca Dulu Ini
Thinkstock
Ilustrasi berolahraga di tepi pantai. 

TRIBUNKALTIM.CO - Olahraga di gym atau luar ruangan ternyata memiliki efektivitas yang berbeda bagi kesehatan. Tergantung pada misi olahraga yang Anda lakukan.

Ingin membentuk otot, pergilah ke gym

Peneliti Elizabeth C Schroeder dan rekan peneliti lainnya dari departemen kinesiologi dan nutrisi di University of Illinois, menemukan bahwa anggota gym 14 kali lebih aktif secara fisik, ketimbang orang yang berolahraga di luar ruangan dan tak tergabung dalam anggota gym.

Beberapa bulan menjadi anggota, peserta yang merupakan anggota gym memiliki lingkar pinggang yang lebih kecil, pencapaian berat badan ideal lebih cepat, serta kekuatan jantung, fungsi paru-paru dan massa otot yang lebih baik.

Baca: Ini Penyakit yang Diderita Wanita Indonesia karena Malas Berolahraga

Ingin lebih sehat secara mental, olahraga di luar ruangan lebih baik

Sementara rutin olahraga di gym mampu membentuk otot lebih cepat, tetapi peneliti dari School of Biological Sciences, University of Essex, Colchester, UK, menunjukkan bahwa berolahraga di luar ruangan memiliki manfaat lain.

Olahraga luar ruangan dapat meningkatkan kadar vitamin D Anda, mengurangi ketegangan dan depresi, dan membuat Anda merasa lebih positif tentang kehidupan, terutama jika Anda berjalan melalui pepohonan di taman atau hutan.

Baca: Pro Hijab, Produk Olahraga Khusus Hijaber Milik Nike

Lima menit pertama olahraga di luar ruangan dengan paparan sinar matahari pagi, sangat efektif membuat perasaan lebih baik.

Dengan keberagaman 'alam luar' termasuk hutan, pantai, pedesaan, taman, daerah hijau lokal dan bahkan kebun, peneliti menekankan, bersatu dengan alam memberikan banyak manfaat untuk kesehatan manusia.

Selama bertahun-tahun, adanya ruang hijau juga dianggap menguntungkan bagi kesehatan manusia. (*)

Editor: Amalia Husnul Arofiati
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help