Berita Pemkab Kutai Timur

Bangun Infrastruktur dan Fasilitas Publik, TMMD 2017 Sasar Kecamatan Sangkulirang

Terutama menyongsong pelaksanaan TMMD 2017 yang akan dilaksanakan di Kecamatan Sangkulirang pada April dan Mei mendatang.

Bangun Infrastruktur dan Fasilitas Publik, TMMD 2017 Sasar Kecamatan Sangkulirang
HO_HUMAS SETKAB KUTIM
Wabup kasmidi bulang saat menghadiri rakornis TMMD ke 98 di Kementerian PUPR di Jakarta 

TRIBUNKALTIM.CO, SANGATTA - Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) sangat terbantu dengan pelaksanaan pembangunan infrastruktur melalui TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang dicanangkan pemerintah pusat, melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) dan TNI.

“Pembangunan infrakstruktur yang dilaksanakan bernilai strategis, (TMMD) ini merupakan bentuk inplementasi agenda prioritas nawa cita dalam pemerataan pembangunan antara wilayah. Terutama desa yang berada di kawasan Indonesia bagian timur termasuk Kutim,” kata Wakil Bupati Kasmidi Bulang saat ditemui usai mengikuti Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) TMMD ke 98 dengan Menteri PUPR dan jajaran TNI Se-Indonesia, di Gedung Kementerian Kementerian PUPR, di Jakarta, Kamis (9/3).

Pemkab Kutim, kata Kasmidi siap dan akan terus mendukung kegiatan TMMD karena merupakan program nasional. Terlebih program ini merupakan satu solusi untuk membuka isolasi daerah yang terpencil. Sehingga ke depan tidak ada lagi yang namanya desa terpencil atau terisolasi.

“Implementasi TMMD sebelumnya, juga berjalan lancar dan hasilnya sudah bisa dinikmati masyarakat. Semua permasalahan desa, seperti infrastruktur jalan, gorong-gorong, jembatan dan fasilitas umum lainnya terjawab,” ujar Kasmidi.

Rakornis TMMD kemarin, juga diikuti Dandim 0909 Sangatta, Letkol Inf Setyo Wibowo, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (Kadis PU) Aswandini Eka Tirta, Pelaksana Tugas (Plt) Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Saifudin, serta Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kutim Herlang Mappatitti.

Dandim 0909 Sangatta Setyo Wibowo menambahkan dukungan dari Pemkab Kutim selama ini sangat baik dan cenderung aktif. Ia berharap TNI dan Pemkab terus berkoordinasi dalam menjalankan setiap program.

Terutama menyongsong pelaksanaan TMMD 2017 yang akan dilaksanakan di Kecamatan Sangkulirang pada April dan Mei mendatang.

”Pada 2017 ini TMMD di Kutim diharapkan lebih baik dari tahun sebelumnya. Agar grafik program yang telah disiapkan dapat terlihat perbedaannya dari tahun ketahun,” ujar Setyo.

Senada, Kadis PU Aswandini Eka Tirta mengatakan program TMMD telah dianggarkan melalui Dinas PU Kutim. Di antaranya perbaikan jalan, rumah ibadah, mushola dan gereja serta perbaikan lapangan olahraga.

Antara lain di Desa Saka, Mandu PS dan Desa Mandu Dalam. Program di Kecamatan Sangkulirang ini sesuai dengan program prioritas Tim teknis TMMD Kutim yang telah dikaji oleh TNI di daerah.     

 “Pembukaan jalan penghubung ada dua lajur. Gunanya untuk memperpendek jarak tempuh antara desa yang masih trisolir dan juga tempat-tempat wisata, khususnya wisata alam,” ungkap Aswandini.

Dalam Rakornis Menteri PUPR DR Mochamad Basoeki Hadimoeljono mengatakan, kerja sama dengan TNI telah terjalin sejak 2015. Terutama dalam pembangunan sarana dan prasarana strategis.

Kementerian PUPR dan TNI telah bersinergi dalam membangun jalan, jembatan dan pemeliharaan Sungai Ciliwung, Cisadane, Rawa Situ, membangun rusun TNI dan lain-lain. Menurut dia, kekuatan Indonesia ada pada manunggalnya TNI dan rakyat.

"TMMD merupakan sarana untuk mendekatkan TNI dengan rakyat, hanya dengan itu kita bisa menang," kata Basoeki. (advertorial/hms8)

Editor: Kholish Chered
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help