TribunKaltim/

Dua Penyakit yang Tak Diketahui Penyebabnya Ini Mengancam Perempuan di Kabupaten Bulungan

Dalam pemeriksaan yang dilakukan setiap tahunnya, dua jenis penyakit yang tergolong idiopatik (tidak diketahui penyebabnya) ini selalu muncul.

Dua Penyakit yang Tak Diketahui Penyebabnya Ini Mengancam Perempuan di Kabupaten Bulungan
TRIBUN KALTIM/DOAN PARDEDE
Ketua TP PKK Bulungan Titien Iriany memberikan bantuan makanan kepada perwakilan ibu-ibu Kecamatan Sekatak di BPU Aji Lembaga Sari di Desa Sekatak Buji, Kecamatan Sekatak, beberapa waktu lalu. 

Laporan Wartawan Tribunkaltim.co, Doan Pardede

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Tahun 2017 ini, kanker mulut rahim (serviks) dan kanker payudara menjadi dua penyakit yang mendapat perhatian khusus dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bulungan.

Pasalnya, kata Imam Sujono, Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Menular dan Tidak Menular Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bulungan, ketika ditemui di ruangannya, Rabu (15/3/2017), dalam pemeriksaan yang dilakukan setiap tahunnya, dua jenis penyakit yang tergolong idiopatik (tidak diketahui penyebabnya) ini selalu muncul.

Walau tidak menyebut angka pasti, namun Imam menyebut bahwa jumlah temuan meningkat setiap tahunnya.

Dan dari sisi medis, kata dia, adanya peningkatan ini juga patut diwaspadai.

"Karena di Kabupaten Bulungan cukup banyak kasusnya, khususnya kanker leher rahim," ungkapnya.

Karena tergolong idiopatik, Dinkes memang tak bisa berbuat banyak.

Salah satu hal yang bisa dilakukan hanyalah meminimalisir dampak dengan mengencarkan sosialisasi penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan deteksi dini melalui pemeriksaan langsung kepada masyarakat.

"Tahun 2017 ini, kita juga fokus untuk penyakit yang berkaitan dengan kanker leher rahim dan kanker payudara," sebutnya. (*)

Penulis: Doan E Pardede
Editor: Kholish Chered
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help