TribunKaltim/

Efektifkan Waktu, Wapres Buka Opsi Penunjukkan Langsung di Asian Games 2018

Bahkan, jika diperlukan, proses pengadaan tidak menggunakan cara konvensional melalui mekanisme tender.

Efektifkan Waktu, Wapres Buka Opsi Penunjukkan Langsung di Asian Games 2018
HUMAS KEMENPORA
Wakil Presiden Jusuf Kalla saat memimpin rapat persiapan Asian Games 2018 di Kantor Kemenpora, Rabu (15/3/2017). 

TRIBUNKALTIM.CO - Hingga kini draf peraturan presiden yang menjadi payung hukum pengadaan barang dan jasa pada Asian Games 2018, belum ditandatangani Presiden Joko Widodo. Sementara itu, waktu pelaksanaan event olah raga empat tahunan itu semakin dekat.

Ketua Pengarah Asian Games 2018 yang juga Wakil Presiden, Jusuf Kalla, tengah menyiapkan langkah antisipasi guna memenuhi kebutuhan pelaksanaan Asian Games.

Bahkan, jika diperlukan, proses pengadaan tidak menggunakan cara konvensional melalui mekanisme tender.

"Ini tentu tidak bisa mengikuti alur biasa, alur katakanlah harus tender, harus apa, enggak," kata Wapres usai memimpin rapat persiapan Asian Games di Kantor Kemenpora, Jakarta, Rabu (15/3/2017).

Sistem penunjukkan langsung, kata Wapres, memungkinkan untuk dilakukan. Penunjukan langsung bisa dilakukan sepanjang waktu pengadaan yang tersisa cukup singkat.

"Di beberapa kesempatan juga proyek yang di keppres sendiri kalau dibutuhkan keadaan yang darurat itu boleh tunjuk langsung selama ada perbandingan yang baik," ujarnya.

Selain itu, ia menambahkan, panita akan menggandeng Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP) bila mekanisme penunjukkan langsung yang dipilih untuk mengatasi singkatnya waktu.

Hal tersebut dilakukan untuk menghindari terjadinya kesalahan prosedur pada saat pengadaan.

"Itu tadi hadir Pak Agus, Ketua LKPP itu. Itu saya tugaskan untuk membuat aturan sehingga ini tidak melanggar tata cara dan kita juga nanti mengangkat sekjen yang mengerti tata cara pengeluaran anggaran," ujarnya. (Kompas.com)

Editor: Kholish Chered
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help