Kucuran Bantuan APBN, Dinas ESDM Prediksikan Rasio Elektrifikasi Kaltara Tembus 68 Persen

Keyakinan proyeksi kenaikan rasio elektrifikasi itu, karena banyaknya pembangkit-pembangkit listrik berskala kecil baru yang selesai dibangun

Kucuran Bantuan APBN, Dinas ESDM Prediksikan Rasio Elektrifikasi Kaltara Tembus 68 Persen
tribunkaltim.co/muhammad arfan
Mardian Noor, Kepala Bidang Ketenagalistrikan Dinas ESDM Kalimantan Utara 

Laporan Wartawan Tribun Kaltim Muhammad Arfan

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Tahun 2016 lalu, total rasio elektrifikasi dari empat kabupaten dan satu kota di Kalimantan Utara baru mencapai 61 persen.

Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Kalimantan Utara optimistis rasio tersebut merangkak naik semenjak banyaknya program pemenuhan kelistrikan pedesaan di provinsi ini.

"Kami optimis bisa sampai 68 persen di pertengahan tahun ini," sebut Mardian Noor, Kepala Bidang Ketenagalistrikan pada Dinas ESDM Kalimantan Utara saat dijumpai Tribun, Kamis (16/3/2017) pukul 10.30 Wita.

Keyakinan proyeksi kenaikan rasio elektrifikasi itu tidak lain karena banyaknya pembangkit-pembangkit listrik berskala kecil baru yang selesai dibangun yang dananya berasal dari APBN.

Baca: Giliran Hakka Group yang Ingin Bangun Pembangkit Listrik di Daerah Ini

"Rata-rata di akhir 2016 dan awal tahun 2017 sudah dilakukan serah terima aset dari pemerintah (pusat) ke pemerintah kabupaten," ujarnya.

Seperti di Nunukan, Ditjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM menyerahkan sedikitnya 6 unit PLTS Terpusat masing-masing 2 unit berkapasitas 30 KW, dan masing-masing 1 unit berkapasitas 50 KW, 100 KW, 120 KW, dan 200 KW.

Adapun lokasi cakupan PLTS tersebut seperti di Sumentobol, Lumbis Ogong, Labang, Saduman, Pagaluyon, Mambulu, Sembakung Atulai, Samunti, Sei Limau, Sekikilian, dan Tulin Onsoi.

"Nilai aset yang diserahterimakan itu sampai Rp 28,9 miliar," sebutnya.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Amalia Husnul Arofiati
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help