TribunKaltim/

Kebugaran

Sudah Berjam-jam Olahraga tapi Perut Masih Buncit? Ini Strateginya Agar Berhasil

Agar strategi itu berhasil, ketahui apa saja penyebab lemak perut sulit dihilangkan.

Sudah Berjam-jam Olahraga tapi Perut Masih Buncit? Ini Strateginya Agar Berhasil
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi 

TRIBUNKALTIM.CO -- Lemak perut sepertinya layak dinobatkan sebagai bagian tubuh yang paling membandel. Seringkali, meski kita sudah berjam-jam berolahraga dan menahan lapar, lemak di bagian tengah tubuh ini tetap saja membukit.

Bukan cuma tak sedap dipandang, lemak perut sejatinya juga berbahaya. Banyak pakar kesehatan yang mengatakan bahwa lingkar perut yang besar lebih berbahaya bagi tubuh dibanding berat badan yang kelebihan.

Jadi, upaya untuk mengecilkan lingkar perut memang penting dilanjutkan. Agar strategi itu berhasil, ketahui apa saja penyebab lemak perut sulit dihilangkan.

- Selalu stres
Stres terkait erat dengan hormon adrenalin yang akan meningkatkan kemampuan tubuh menyimpan ekstra kalori di sekitar perut.

"Jika Anda berusaha menurunkan berat badan dengan mengurangi kalori, lemak di bagian tubuh lain yang akan mulai berkurang sebelum di bagian perut," kata Georgie Fear, ahli gizi dan penulis buku Lean Habits for Lifelong Weight Loss.

Penelitian juga mendukung pendapat tersebut. Wanita yang indeks massa tubuhnya normal tapi stres, cenderung memiliki lemak perut lebih banyak.

Baca: Perhatikan Lemak di Bagian Tubuh Tertentu Ini Lebih Berbahaya

Baca: Lemak di Perut, Sering Merasa Lelah? Itu Tandanya Anda Malas Olahraga

- Hanya fokus pada latihan otot perut
Melakukan latihan otot hanya pada satu bagian tubuh saja tidak akan efektif.

"Latihan otot perut memang akan menguatkan bagian batang tubuh, tetapi tidak akan mengurangi jumlah lemak di bagian perut," kata Albert Matheny, pelatih kebugaran dan ahli gizi.

Halaman
12
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help