Waduh, Kasus HIV/AIDS di Kabupaten Bulungan Sudah Menyebar hingga Sepuluh Kecamatan

Dan berdasarkan pemeriksaan yang sudah dilakukan tahun 2017, kembali terdeteksi sebanyak sebanyak 5 orang yang sudah dinyatakan positif HIV dan AIDS.

Waduh, Kasus HIV/AIDS di Kabupaten Bulungan Sudah Menyebar hingga Sepuluh Kecamatan
tribunkaltim.co/doan e pardede
Yarmin, pengelola data HIV dan AIDS Dinkes Kabupaten Bulungan menunjukkan data penderita HIV dan AIDS yang ada di Kabupaten Bulungan, Kamis (16/3/2017). 

Laporan Wartawan Tribunkaltim.co, Doan Pardede

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Dalam beberapa tahun terakhir, kasus HIV AIDS di Kabupaten Bulungan masih hanya ditemukan di beberapa wilayah saja.

Namun berdasarkan data terakhir yang diterima Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bulungan, penyebaran HIV dan AIDS ini ternyata sudah ada di 10 kecamatan yang ada.

Hal ini diungkapkan Pengelola Data HIV dan AIDS Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bulungan, Yarmin, ketika ditemui di ruangannya, Kamis (16/3/2017) siang.

"Kalau kasusnya sudah ada di semua kecamatan," ungkapnya.

Dan berdasarkan pemeriksaan yang sudah dilakukan tahun 2017, kembali terdeteksi sebanyak sebanyak 5 orang warga (2 pria dan 3 wanita) yang sudah dinyatakan positif HIV dan AIDS.

Baca: Marak Pekerja Seks di Sekitar Perairan, Polsek Pelabuhan Gelar Tes HIV/AIDS Bagi Pekerja Kemaritiman

"Tapi khusus untuk yang wanita, masih harus kita pastikan. Karena ada dugaan itu orang yang sama, cuma dia pindah-pindah. Akhir Maret ini kita sudah dapat kepastian," ujarnya.

Soal apa yang bisa disimpulkan dari fenomena ini, Yarmin tak mau berspekulasi.

Namun yang pasti kata dia, HIV dan AIDS bisa ditularkan antara lain dari ibu hamil yang positif HIV dan AIDS kepada janin yang dikandungnya, seks bebas, dan penggunaan narkoba.

"Saya nggak bisa menyimpulkan kenapa itu bisa sudah ada di 10 kecamatan. Tapi penularan HIV dan AIDS seperti itu, terserah seperti apa menafsirkannya," katanya. (*)

Penulis: Doan E Pardede
Editor: Amalia Husnul Arofiati
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help