TribunKaltim/

Waspada Info Hoax Laka Lantas di Medsos

Eko pun mengimbau apabila masyarakat melihat adanya kejadian laka lantas untuk segera melaporkan ke pihak kepolisian.

Waspada Info Hoax Laka Lantas di Medsos
Turn Back Hoax
ILUSTRASI 

Laporan Wartawan Tribunkaltim.co, Rudy Firmanto

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Maraknya peredaran informasi mengenai kejadian laka lantas di Balikpapan lewat media sosial, memantik komentar dari Kasat Lantas Polres Balikpapan AKP Eko Budi Yatno yang mengingatkan agar tidak langsung dipercaya.

Hal ini sesuai pengalamannya yang menerima laporan tak benar alias hoax terkait kecelakaan kendaraan.

"Perkembangan media sosial saat ini bergerak sangat cepat. Soal laporan tidak benar pernah kita alami. Kejadiannya di Jawa tapi dikatakan di Balikpapan. Selain itu juga ada informasi laka, setelah anggota datang ke TKP ternyata tidak ada," kata Eko, Sabtu (18/3/2017).

Proses verifikasi lapangan harus dilakukan sebelum menyebarkan informasi kejadian karena akan memiliki dampak sosial yang besar.

Eko pun mengimbau apabila masyarakat melihat adanya kejadian laka lantas untuk segera melaporkan ke pihak kepolisian. Selain itu, ketika mendapat informasi bisa dikonfirmasi ke pihaknya untuk kepastiannya.

Senada dengan Eko, Kanit Regident Satlantas Polres Balikpapan Ipda Liliana Jhony Wijaya, meminta masyarakat jangan mudah percaya informasi di media sosial karena tidak bisa dipertanggungjawabkan.

"Hanya percaya informasi valid terutama media cetak, atau situs resmi yang dikeluarkan oleh pihak kepolisian, karena mereka bisa dipertanggungjawabkan dan sudah ada konfirmasi dari kita," ujarnya.

Untuk menekan peredaran informasi hoax, jajaran Polres Balikpapan terus melakukan kampanye kepada masyarakat untuk lebih bijak penggunaan media sosial dan mendukung aksi anti hoax di tengah masyarakat.

Sebelumnya ,hampir setiap hari ada informasi laka lantas beredar di media sosial untuk wilayah kota Balikpapan.

Beberapa di antaranya, saat dikonfirmasi ke kepolisian, ternyata tidak benar. Pasalnya saat dilakukan pemeriksaan di lapangan oleh petugas, tidak ada kejadian apapun. (*)

Penulis: Rudy Firmanto
Editor: Kholish Chered
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help