Home »

News

» Etam

Dugaan Pungli di TPK Palaran

BREAKING NEWS: Pengembangan Terbaru OTT, Tak Ada Pekerjaan, Komura Tetap Pungut dari Perusahaan

Tapi, biar pun TKBM kehilangan pekerjaan, Komura tetap meminta jatah dari perusahaan batu bara dan sawit yang punya CPO (crude palm oil).

BREAKING NEWS: Pengembangan Terbaru OTT, Tak Ada Pekerjaan, Komura Tetap Pungut dari Perusahaan
tribunkaltim.co/rafan a dwinanto
Kapolda Kaltim, Irjen Pol Safaruddin menjelaskan perkembangan terbaru kasus OTT di Terminal Peti Kemas Palaran, Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur, Senin (20/3/2017). 

Laporan wartawan Tribun Kaltim, Rafan A Dwinanto

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Pengembangan kasus Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan Bareskrim Mabes Polri dan Polda Kaltim, menemukan fakta baru.

Kapolda Kaltim Irjen Pol Safaruddin menyebut, Koperasi Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Samudra Sejahtera (Komura) juga memungut dari perusahaan batu bara dan sawit, yang beraktivitas di Perairan Muara Berau.

Menurut Kapolda, sejak perusahaan batubara menggunakan conveyor (rel batubara) untuk memuat batu bara ke dalam tongkang, para TKBM kehilangan pekerjaan.

"Tapi, biar pun TKBM kehilangan pekerjaan, Komura tetap meminta jatah dari perusahaan batu bara dan sawit yang punya CPO (crude palm oil).

Baca: VIDEO – Rekaman Tim Bareskrim Mabes Polri Bawa Satu Orang dalam penggeledahan di Kantor PDIB

Alasannya untuk membayar TKBM mereka yang kehilangan pekerjaan. Padahal yang kerja itu conveyor, bukan buruh. Tidak kerja, tapi minta bayaran," urai Safaruddin, Senin (20/3/2017).

Saat ini, Kepolisian baru memeriksa satu perusahaan batubara yang dipungut oleh Komura.

"Setoran perusahaan batu bara itu ke Komura minimal Rp 3 miliar per bulan. Komura menghitung pungutan sesuai berapa metrik ton batu bara yang dimuat di tongkang," kata Safaruddin.

Para perusahaan yang dipungut ini berlokasi di Perairan Muara Berau, di muara Sungai Mahakam. "Ya hitung saja berapa perusahaan batu bara dan sawit yang beraktivitas di Muara Berau itu," katanya lagi.

Halaman
12
Penulis: Rafan Dwinanto
Editor: Amalia Husnul Arofiati
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help