TribunKaltim/

Daya Listrik RSUD Dirasa Kurang, Bisa Saja karena Jalur Distribusi Kurang Baik

Jika memang terbukti kurang, hasil audit nantinya juga akan menunjukkan berapa daya yang masih dibutuhkan.

Daya Listrik RSUD Dirasa Kurang, Bisa Saja karena Jalur Distribusi Kurang Baik
tribunkaltim.co/doan e pardede
RSUD Soemarno Sosroatmotjo di Jalan Cendrawasih, Tanjung Selor, belum lama ini. 

Laporan Wartawan Tribunkaltim.co, Doan Pardede

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Tim audit penggunaan listrik dari Pemerintah Pusat sudah mulai bekerja di Kabupaten Bulungan, Senin (20/3/2017).

Ada dua titik yang disasar yakni kantor Bupati Bulungan di Jalan Jelarai dan RSUD Soemarno Sosroatmotjo di Jalan Cendrawasih.

Sedianya, kata Rudi Darmala, Kordinator Tim Auditor yang akan melakukan audit energi di kantor Bupati Bulungan, Jalan Jelarai, Tanjung Selor, Senin (20/3), audit ini akan dilakukan di kantor Bupati dan kantor DPRD Kabupaten Bulungan.

Namun agar lebih bervariasi, kantor DPRD Diganti dengan RSUD Soemarno Sosroatmotjo.

Untuk penggunaan listrik di RSUD, pemeriksaan yang dilakukan menurutnya akan cukup kompleks. Terkait keluhan pihak RSUD seputar minimnya daya, juga akan didalami.

"Kita ukur dulu, kita audit dulu," ujarnya.

Bisa saja kata dia, daya listrik sebenarnya sudah memadai. Hanya saja, distribusinya kurang baik dan mengakibatkan ada kesan daya tidak mencukupi.

Jika memang terbukti kurang, hasil audit nantinya juga akan menunjukkan berapa daya yang masih dibutuhkan.

Dan masalah distribusi ini, kata dia, memang kerap menjadi temuan dalam audit yang sudah dilakukan di beberapa rumah sakit milik pemerintah di berbagai daerah.

Salah satu hal yang akan menjadi fokus tim adalah terkait distribusi arus listrik ke instalasi-instalasi medis yang cukup vital.

"Seperti kamar operasi, itu daya harus aman. Kalau listrik PLN tiba-tiba mati, ini nyawa orang. Bagaimana sistem back-up, baik dari genset atau sumber lainnya," katanya. (*)

Penulis: Doan E Pardede
Editor: Kholish Chered
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help