TribunKaltim/

Kantor Imigrasi Balikpapan Gelar Sosialisasi Aplikasi Pelaporan Orang Asing

Kantor Imigrasi Kelas I Balikpapan, Jalan Jenderal Sudirman Balikpapan menggelar kegiatan sosialiasai Aplikasi Pelaporan Orang Asing (APOA).

Kantor Imigrasi Balikpapan Gelar Sosialisasi Aplikasi Pelaporan Orang Asing
TRIBUN KALTIM/MUHAMMAD ALIDONA
Kantor Imigrasi Kelas I Balikpapan Gelar Sosialisasi Aplikasi Pelaporan Orang Asing, dihadiri Direktur Wasdakim pusat zaeroji S Sos MH. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Kantor Imigrasi Kelas I Balikpapan, Jalan Jenderal Sudirman Balikpapan menggelar kegiatan sosialiasai Aplikasi Pelaporan Orang Asing (APOA) untuk wilayah Kota Balikpapan, Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Paser, Senin (20/3/2017).

Dalam hal ini setiap pemilik atau pengurus tempat  penginapan mempunyai peran untuk wajib memberikan data mengenai orang asing yang menginap di tempat penginapannya melalui aplikasi Http://apoa.imigrasi.go.id dalam  waktu 1 kali 24 jam sejak orang asing tersebut mulai menginap.

“Yang wajib melaporkan antara lain tempat penginapan yakni hotel, apartemen, mes perusahaan, losmen, guest house, vila, tempat kost, rumah kontrakan dan jenis penginapan lainnya yang merupakan fasilitas akomodasi milik perusahaan,” kata Direktur Wasdakim pusat Zaeroji.

Pihak Imigrasi akan melakukan pengecekan terhadap data dan aktivitas orang asing yang ada di wilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas I Balikpapan.

Hal ini tentunya akan dilakukan evaluasi pula terhadap pihak-pihak pemberi penginapan yang mana ketika kewajiban untuk memberikan data tidak dilaksanakan, terdapat saksi pidana keimigrasian yang diterapkan kepada pemilik atau korporasi dari pemberi penginapan tersebut.

“Sanksi apabila pemilik atau pengurus tempat penginapan yang tidak memberikan keterangan atau tidak memberikan data orang asing yang menginap di rumah atau di tempat penginapan setelah diminta oleh pejabat imigrasi yang bertugas di pidana dengan pidana kurungan paling lama 3 bulan atau pidana denda sebesarRp 25 juta,” katanya. (*)

Penulis: Muhammad Alidona
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help