Salah Pilih Lampu atau AC di Ruangan Kerja juga Bisa Pengaruhi Produktivitas Karyawan

Bicara penghematan energi di bangunan pemerintah atau kantor-kantor lainnya, tidak selamanya identik dengan kata-kata 'pengurangan'.

Salah Pilih Lampu atau AC di Ruangan Kerja juga Bisa Pengaruhi Produktivitas Karyawan
TRIBUN KALTIM/DOAN PARDEDE
Sebelum melakukan pengecekan, Tim Auditor Energi terlebih dahulu bertemu dengan pejabat di jajaran Pemkab Bulungan di Kantor Bupati Bulungan, Jalan Jelarai, Tanjung Selor, Senin (20/3/2017) pagi. 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Bicara penghematan energi di bangunan pemerintah atau kantor-kantor lainnya, tidak selamanya identik dengan kata-kata 'pengurangan'.

Penghematan energi, juga harus tetap memperhatikan salah satunya dari sisi kenyamanan. Jika tidak, bisa saja memang hemat dari sisi energi, tapi justru boros di sisi lainnya.

Hal ini diungkapkan Rudi Darmala, seorang anggota Tim Auditor yang akan melakukan audit energi di kantor Bupati Bulungan, Jalan Jelarai, Tanjung Selor, Senin (20/3/2017) pagi.

Terkait audit di kantor Bupati Bulungan ini sendiri, pihaknya akan melakukan pengecekan antara lain sistem distribusi listrik, sistem tata udara (AC, selubung bangunan, dan instalasi yang terkait), sistem tata cahaya, sistem transportasi gedung (lift/escalator), peralatan lainnya, dan manajemen energi.

Baca: Pagi Ini, Penggunaan Listrik di Beberapa Kantor Pemerintah akan Diaudit

"Salah pilih lampu misalnya, karyawan bisa cepat capek. Atau salah pilih AC, maksudnya mau hemat tapi karyawan jadi kepanasan, sering keluar ruangan, ya mengurangi produktivitas juga," ujar Rudi. (*)

Penulis: Doan E Pardede
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help