Pendidikan

Terbatas! Ada Prodi Baru di Politeknik Negeri Balikpapan, Lulus Ini Keuntungannya

Program studi ini menjadi bagian dari Jurusan Perhotelan bersama dengan prodi Seni Kuliner (Tata Boga).

Terbatas! Ada Prodi Baru di Politeknik Negeri Balikpapan, Lulus Ini Keuntungannya
IST
Ilustrasi - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh, didampingi Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak saat mengukuhkan alih status Politeknik Balikpapan menjadi Politeknik Negeri Balikpapan, Jumat (6/1/2012). 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN – Kabar gembira buat para lulusan SMA/SMK sederajat di Kota Balikpapan dan sekitarnya.

Salah satu perguruan tinggi bergengsi di 'kota minyak' Politeknik Negeri Balikpapan kini membuka program studi baru yakni Divisi Kamar. 

Prodi tersebut dibuka mulai tahun ajaran tahun 2017/2018.

Program studi ini menjadi bagian dari Jurusan Perhotelan bersama dengan prodi Seni Kuliner (Tata Boga).

Ketua Jurusan Perhotelan Yogiana Mulyani mengatakan kehadiran prodi divisi kamar untuk memenuhi kebutuhan SDM di industri jasa pariwisata di kota Balikpapan dan Kalimantan Timur.

Pasalnya, Balikpapan sebagai pusat pertumbuhan ekonomi Kaltim menunjukan investasi di bidang perhotelan terus naik, bahkan hingga 2016 jumlah hotel mencapai 80 unit.

"Keberadaan hotel sebanyak itu secara langsung memerlukan tenaga SDM yang profesional dan kompeten yang jumlahnya ratusan bahkan ribuan orang. Sementara dari sisi supply sangat sedikit. Terutama yang jenjang program diploma," ujarnya, Senin (20/3/2017).

Baca: Raih 21 Suara, Ramli Terpilih sebagai Direktur Politeknik Negeri Balikpapan

Prodi Divisi Kamar, kata Yogiana, merupakan prodi pertama dan satu satunya yang diselenggarakan oleh Politeknik di Indonesia yang dibawah langsung Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Kehadiran prodi ini juga sesuai dengan arahan Kemenristekdikti untuk memperkuat Politeknik sebagai Perguruan Tinggi yang mampu mencetak lulusan siap bekerja di dunia industri.

"Untuk tahun ajaran baru ini kami hanya menerima 32 orang saja atau satu kelas. Lulusannya nanti akan memeroleh sertifikat kompetensi setara level 5. Mereka bisa bekerja di hotel, kapal pesiar, mengelolah home stay, dan berwirausaha di bidang laundry," ujarnya.

Simak: VIDEO - Ratusan Pelamar Padati Job Fair di Poltekba

Tidak hanya itu, Politeknik Negeri Balikpapan akan terus membuka prodi sesuai dengan kebutuhan industri, seperti Tata Hidang, dan Patiseri. 

"Kami akan terus menciptakan lulusan yang siap bekerja di industri perhotelan. Sudah banyak lulusan jurusan perhotelan yang bekerja di luar negeri, seperti Dubai dan Ceko. Kami juga telah menjalin kerjasam dengan perusahaan hotel jaringan internasional di sejumlah daerah termasuk Balikpapan. Misalnya di Bali, Surabaya, dan Batam," ungkapnya.

Saat ini, Politeknik Negeri Balikpapan telah menyelenggarakan jurusan Teknik Sipil, Elektonika, Teknik Mesin Alat Berat, Perhotelan, dan Keuangan Perbankan. (*)

Editor: Syaiful Syafar
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help