Jaringan Pedofilia Belum Terendus, Kapolres: Orangtua Harus Ajarkan Edukasi Seks pada Anak

Dia pun meminta kepada orangtua untuk memberikan pengetahuan tentang seks kepada anak-anaknya.

Jaringan Pedofilia Belum Terendus, Kapolres: Orangtua Harus Ajarkan Edukasi Seks pada Anak
Shutterstock
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunkaltim.co, Christoper D

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Terbongkarnya jaringan prostitusi pedofilia melalui grup media sosial Facebook, yang diungkap oleh kepolisian di Jakarta beberapa waktu lalu, juga membuat jajaran Polresta Samarinda siaga dengan hal tersebut.

Kendati di Kota Tepian (sebutan Samarinda) belum ditemukan dan belum ada laporan tentang jaringan pedofilia, namun pihaknya meminta kepada semua pihak terutama kepada orangtua untuk selalu memperhatikan pergaulan anak-anaknya.

"Hingga saat ini belum ada laporan tentang jaringan pedofilia. Ada beberapa kasus yang ditangani, namun dilakukan oleh individu," tutur Kapolresta Samarinda, Kombes Pol Reza Arief Dewanto, Selasa (21/3/2017).

Dia pun meminta kepada orangtua untuk memberikan pengetahuan tentang seks kepada anak-anaknya, guna menangkal anak-anak menjadi korban kekerasan seksual maupun kasus pedofilia.

"Memang sebagian besar kita yang menganut budaya timur, ini masih tabu untuk berikan pemahaman kepada anak kita tentang edukasi seks. Tapi saat ini hal itu diperlukan, agar mereka paham apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan ," tutur mantan Kasat Brimob Polda Sulawesi Tengah tersebut.

"Kalau ada pasti segera kami tindak lanjuti, karena sangat membahayakan dan dapat membuat trauma yang berkepanjangan terhadap korbannya. Dan jika tidak segera dipulihkan, korbannya bisa saja berubah menjadi tersangka," tambahnya. (*)

Penulis: Christoper Desmawangga
Editor: Kholish Chered
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help