TribunKaltim/

Dugaan Pungli TPK Palaran

Pejabat Pelindo Tegaskan tak Ada Kaitannya dengan Komura

Dikemukakan, hubungan kerjasama antara Pelindo IV, PT PSP, dan Pemkot Samarinda dalam hal pembangunan serta pengoperasionalan TPK Palaran.

Pejabat Pelindo Tegaskan tak Ada Kaitannya dengan Komura
tribunkaltim.co/anjas pratama
Asisten Manager Umum Pelindo IV, Rizal, saat ditemui di ruang kerjanya. 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan Tim Mabes Polri dan Polda Kaltim di Koperasi Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Komura dan Terminal Peti Kemas (TPK) Palaran tak ada kaitannya dengan PT Pelindo IV Samarinda.

Demikian dikemukakan Asisten Manajer Umum Pelindo IV Samarinda Rizal kepada Tribunkaltim.co, Selasa (21/3/2017).

Selama ini, Pelindo IV Samarinda hanya menjalin kerjasama dengan Pemkot Samarinda dan PT Pelabuhan Samudera Palaran (PSP) untuk pembangunan dan operasionalan TPK Palaran.

"Komura hanya sebagai koperasi buruh, tugasnya melakukan proses bongkar muat. Tidak ada kepemilikan saham Pelindo IV, PT PSP serta Pemkot Samarinda di Komura," jelas Rizal, saat ditemui di ruang kerjanya.

Dikemukakan, hubungan kerjasama antara Pelindo IV, PT PSP, dan Pemkot Samarinda dalam hal pembangunan serta pengoperasionalan TPK Palaran.

"Dalam kerjasama ini, ada pembagian hasil (fee management). Operasional TPK Palaran dilakukan PT PSP," ucapnya.

Baca: Batu Bara pun Kena Pungut, Bayar Minimal Rp 3 Miliar per Bulan!

Dikonfirmasi bagaimana sistem pembagian fee, Rizal menjelaskan semuanya sudah tercantum dalam kontrak kerjasama yang telah disepakati semua pihak (Pelindo IV, PT PSP, dan Pemkot Samarinda).

"Ada dalam kontrak. Disepakati ketiga-tiganya. Jadi, keuntungan dibagi tiga, tetapi pelaksana operasional Palaran adalah PT PSP," katanya.

Bentuk kerjasama dilakukan secara BOT (Built Operation Transfer), dimana setelah 50 tahun, kerjasama akan dirapatkan kembali, apakah tetap dilakukan atau tidak.

Halaman
123
Penulis: Anjas Pratama
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help