TribunKaltim/

Umur 3 Tahun, Nurul Hanya Berbobot 10 Kg

Air matanya masih meleleh di pipi karena rasa nyeri. Ia ditemani sang ibu, Sartika yang duduk di belakangnya.

Umur 3 Tahun, Nurul Hanya Berbobot 10 Kg
TRIBUN KALTIM/MARGARET SARITA
Balita Nurul didampingi sang ibu, Sartika di ruang rawat inap RSU Kudungga saat mendapat kunjungan dokter 

TRIBUNKALTIM.CO, SANGATTA - Perawatan pada Nurul, bocah berusia 3,5 tahun yang menderita penyakit aneh dengan beberapa luka di tubuh dan usus besar yang berada di luar perut terus dilakukan tim medis RSU Kudungga, Sangatta.

Ditemui di ruang rawat anak di RSU Kudungga, Kamis (23/3/2017), anak kedua dari tiga bersaudara ini baru saja ganti perban di bagian punggung dan ganti kantong pembuangan yang menempel di perut.

Air matanya masih meleleh di pipi karena rasa nyeri. Ia ditemani sang ibu, Sartika yang duduk di belakangnya.

Dokter Richard, dokter spesialis bedah yang menangani Nurul belum bisa mengatakan apa-apa tentang yang dialami Nurul.

Baca: Usus Terjuntai, Perut Nurul Dibalut Plastik dan Lakban

"Dulu memang indikasinya usus buntu. Kemudian, dirujuk ke RSU AW Syahrani di Samarinda. Setelah itu, tidak pernah lagi datang. Tiba-tiba datang, sudah begini," ungkap Richard.

Pasien anak Nurul, kata Richard, diberangkatkan dengan indikasi usus buntu.

Kemudian, menurut orangtuanya, dirawat di Samarinda selama empat bulan dan mengalami dua kali operasi. Usai operasi, ususnya terlihat di luar.

"Usus, dibikin keluar, menurut saya, bisa jadi karena ada usus yang rusak atau tak berfungsi dengan baik, daripada ada apa-apa di dalam. Jadi dikeluarkan dulu," kata Richard.

Untuk nantinya apakah akan disambung lagi dan dimasukkan ke dalam perut, Richard, belum tahu. Pasalnya tindakan medis dilakukan di rumah sakit lain. Bukan di Sangatta.

"Pastinya, untuk dilakukan tindakan, anak Nurul ini, harus memperbaiki asupan pangan dan gizinya. Untuk anak usia 3,5 tahun, tidak wajar bila memiliki bobot hanya 10 kg. Harus ditingkatkan dulu berat badannya, baru ditindak lagi," ungkap Richard. (*)

Penulis: Margaret Sarita
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help