TribunKaltim/

Ayo, Simak Senam Pencegahan Gejala Anemia dengan Gerakan Sederhana

Kelebihan dari Senam Anemiaction ialah dapat dilakukan oleh siapa pun tanpa memandang usia.

Ayo, Simak Senam Pencegahan Gejala Anemia dengan Gerakan Sederhana
IST
Senam Anemiaction dipraktikkan dalam diskusi "Solusi Total untuk Indonesia yang Lebih Produktif dan Bebas Anemia" yang digelar di The Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Rabu (29/3/2017). 

TRIBUNKALTIM.CO - Merck meluncurkan Senam Anemiaction dalam sesi diskusi "Solusi Total untuk Indonesia yang Lebih Produktif dan Bebas Anemia" di The Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Rabu (29/3/2017).

Senam Anemiaction merupakan senam pencegahan gejala anemia sebagai bagian dari total solusi Indonesia Bebas Anemia.

Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga dr Michael Triangto, SpKO bertutur bahwa Senam Anemiaction merupakan salah satu bentuk olahraga dengan beberapa gerakan sederhana yang berfokus kepada sejumlah bagian tubuh, yakni aktivitas peregangan bawah, tengah, dan atas.

Peregangan yang dilakukan dengan membentuk tiap huruf dari kata "anemia" diharapkan menjadi ciri khas dan pembeda Senam Anemiaction dengan senam lainnya.

Gabungan gerakan pada Senam Anemiaction, masih menurut dr Michael Triangto, berfokus untuk meningkatkan  mitokondria yang merupakan generator dari sel pada tubuh manusia.

Alhasil, senam tersebut bermanfaat untuk mengurangi gejala-gejala anemia dan dapat membuat seseorang menjadi lebih segar serta produktif saat beraktivitas.

Kendati demikian, dr Michael Triangto menegaskan Senam Anemiaction bukanlah dimaksudkan sebagai penyelesaian anemia.

"Senam Anemiaction bukan jadi penyelesaian terhadap anemia. Secara keseluruhan, Senam Anemiaction harus dilakukan bersama-sama dengan penanganan anemia yang ada," ujarnya di The Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Rabu (29/3/2017).

Selain itu, dr Michael Triangto menjelaskan pula Senam Anemiaction merupakan bentuk olahraga berintensitas ringan hingga sedang, berjenis aerobik disertai latihan otot-otot yang bertujuan meningkatkan kesehatan dan kebugaran para penderita anemia agar tetap mampu bekerja secara produktif.

Senam Anemiaction juga sebaiknya disesuaikan dengan tingkat kemampuan dan kesehatan dengan mengukur denyut jantung para pelaku.

Kelebihan dari Senam Anemiaction ialah dapat dilakukan oleh siapa pun tanpa memandang usia, tidak membutuhkan ketrampilan khusus, dapat dilakukan sendiri atau beramai-ramai, dan dilakukan kapan pun, baik pagi, siang, sore, maupun malam.

Sementara itu, sesi diskusi "Solusi Total untuk Indonesia yang Lebih Produktif dan Bebas Anemia" sendiri digelar oleh Merck, perusahaan sains dan teknologi terkemuka, bekerja sama dengan Persatuan Dokter Gizi Medik Indonesia (PDGMI) yang merupakan organisasi profesi di bawah Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Diskusi yang merupakan kelanjutan dari kampanye Indonesia Bebas Anemia itu bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya menjaga kesehatan agar terbebas dari anemia sehingga dapat mengoptimalkan produktivitas.

Digelar di The Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Rabu (29/3/2017), diskusi ini dihadiri pula oleh pihak Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia yang menyampaikan pentingnya kesehatan bagi produktivitas pekerja. (*/Regina/Tribunnews.com)

Editor: Kholish Chered
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help