TribunKaltim/

Berlindung di Pengungsian, Tak Ada Alas Tidur Layak dan Pakaian Ganti

Longsoran lereng itu memanjang sekitar 800 meter dan ketinggian 20 meter. Diperkirakan, 23-35 rumah tertimbun material longsor.

Berlindung di Pengungsian, Tak Ada Alas Tidur Layak dan Pakaian Ganti
Kompas/Wisnu Widiantoro
Sejumlah warga terlelap saat mengungsi di rumah kerabat mereka seusai bencana tanah longsor di sekitar tempat tinggal mereka. Evakuasi korban akan dilanjutkan pada hari ini. 

TRIBUNKALTIM.CO - Pasca-peristiwa longsor yang menerjang Desa Banaran, Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, Sabtu (1/4/2017), warga kehilangan harta benda dan juga tempat tinggal.

Mereka mengungsi ke lokasi pengungsian atau ke rumah warga lain yang masih bisa ditinggali.

KompasTV mencatat, kondisi pengungsian sangat memprihatinkan. Tak ada alas tidur yang layak dan warga hanya memiliki pakaian yang melekat di tubuh mereka.

Selain itu, para pengungsi juga harus berdesakan tinggal di lokasi pengungsian.

Jumlah korban hilang dalam peristiwa tanah longsor ini bertambah menjadi 28 orang.

Proses pencarian korban hilang terus dilakukan oleh petugas BPBD namun mereka menghadapi kendala, beratnya medan pencarian yang berupa tanah miring.

Sementara itu, seperti dikutip dari Harian Kompas, Minggu (2/4/2017), Kepala BPBD Jawa Timur Sudarmawan mengatakan, tim pencari menemukan sejumlah kendala di lapangan, seperti material longsor yang sangat tebal.

Longsoran lereng itu memanjang sekitar 800 meter dan ketinggian 20 meter. Diperkirakan, 23-35 rumah tertimbun material longsor.

Kendala lain, medan tempat kejadian cukup terjal, berada di lereng pegunungan. Akses jalan menuju ke Desa Banaran sempit dan dibutuhkan waktu tiga jam untuk menempuh jarak 3 kilometer. Kondisi itu diperparah dengan minimnya alat berat.

Pemerintah Provinsi Jatim mengirimkan dua ekskavator dari Unit Pelaksana Teknis Bina Marga Madiun dan diperkirakan baru sampai lokasi pada Minggu pagi. (Kompas.com)

Editor: Kholish Chered
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help