Tips Travelling

Benarkah Pesan Hotel di Online Travel Lebih Murah?

Dari semua cara pemesanan hotel, ada cara yang diklaim memberi harga termurah bagi wisatawan.

Benarkah Pesan Hotel di Online Travel Lebih Murah?
ILUSTRASI - Kamar hotel dengan twin bed 

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA - Reservasi atau booking kamar hotel bisa dilakukan dengan banyak cara. Misal, langsung datang ke hotel atau memesan lewat internet alias online booking.

Dari semua cara pemesanan hotel, ada cara yang diklaim memberi harga termurah bagi wisatawan.

"Ada persepsi di pasaran kalau harga online lebih murah dari pada travel company. Hotel punya rate parity mengontrol harga jual kamar mereka di harga tertentu," kata Presiden Direktur PT Bayu Buana Tbk, Agustinus Pake Seko saat acara jumpa pers Bayu Buana Fabulouss Journey di Hotel Grand Mercure Harmoni, Jakarta, Selasa (7/3/2017).

Menurut Agustinus, rate parity membuat hotel menjadi lebih hati-hati untuk memberi harga untuk online travel agent.

"Karena jika harganya dijual lebih murah lagi, harga (kamar) akan turun," kata Agustinus.

Sebaliknya, cara mendapatkan harga termurah adalah dengan melakukan pembelian secara offline atau langsung di agen perjalanan.

"Kalau di perusahaan wisata itu harganya wholesaler. Karena ada wholesaler contract (kontrak dengan pembelian partai besar). Kalau lagi travel fair kadang orang kaget harganya bisa lebih murah," ungkap Agustinus.

Menurutnya, harga kamar hotel di travel fair bisa lebih murah 30-40 persen dari harga biasa.

Meski begitu, harga wholesaler menurut Agustinus tak berlaku bagi pembelian di situs agen perjalanan, sekalipun agen perjalanan konvensional.

Sebab pada situs agen perjalanan tersebut juga diberlakukan rate parity. Jadi cara terbaik mendapatkan harga kamar terbaik adalah datang langsung ke kantor agen perjalanan.(*)

Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help