TribunKaltim/

Tips Interior

Tiga Penyebab Dinding Kamar Mandi Rembes, Ini Solusinya

Dinding rembes menjadi masalah klasik di setiap kamar mandi rumah. Bahkan, pada dinding yang telah memakai lapisan antibocor sekalipun.

Tiga Penyebab Dinding Kamar Mandi Rembes, Ini Solusinya
Idea/Adeline Krisanti
Dinding rembes menjadi masalah klasik di setiap kamar mandi rumah. 

TRIBUNKALTIM.CO -- Dinding rembes menjadi masalah klasik di setiap kamar mandi rumah. Bahkan, pada dinding yang telah memakai lapisan antibocor sekalipun.

Penyebabnya macam-macam. Mulai dari jenis antibocor yang salah hingga aplikasi yang tak presisi. Setiap penyebab pun mempunyai solusi masing-masing.

Sebagai panduan, berikut  penyebab dan hal yang bisa dilakukan untuk mengatasinya, iDEA lovers!

Antibocor yang Tak Tepat

Ada berbagai jenis lapisan waterproofing yang beredar di pasaran. Ada jenis water based, cement based dan membran. Jenis waterproofing juga terbagi sesuai lokasi: outdoor, indoor dan area terendam air.

Untuk dinding kamar mandi, pastikan Anda menggunakan jenis antibocor berbahan semen. Kuat dan cocok untuk daerah lembab dan kerap diguyur air.

 Aplikasi yang Tidak Rapi

Butuh 2 kali pengaplikasian lapisan anti bocor. Lapisan pertama diusap secara horizontal dan kedua secara vertikal. Pengaplikasian dua lapis akan membuat lapisan waterproofing lebih rapat, minim celah.

Percayakan pengerjaan pada aplikator antibocor yang berpengalaman.

Kerusakan Saat Aplikasi

Hindari pekerjaan pemasangan yang dapat merusak lapisan waterproofing yang telah terpasang. Misalnya, pembongkaran untuk pemasangan jaringan pipa atau pemasangan keramik. Lakukan pemasangan pipa sebelum proses waterproofing.

Bila ada lubang pada dinding, tutup dengan adonan semen lebih dulu lalu lapis ulang dengan lapisan antibocor. (Fredi Indra Kusuma)

Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Idea
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help