TribunKaltim/

Kuliner

Pertama Kali Makan Shabu-shabu di Restoran? Jangan Bingung, Ini Panduannya

Shabu-shabu, masakan khas Jepang, umumnya menggunakan bahan irisan daging sapi, jamur, dan aneka sayuran.

Pertama Kali Makan Shabu-shabu di Restoran? Jangan Bingung, Ini Panduannya
KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO
Seorang pengunjung tengah menikmati kuliner ala Jepang, Shabu-Shabu di Restoran Shabu Hachi, Bogor, Jawa Barat, Rabu (6/4/2017). Shabu Hachi yang membuka cabang terbarunya di Jalan Padjajaran No 75, Baranangsiang, Bogor Timur, Jawa Barat. 

TRIBUNKALTIM.CO -- Shabu-shabu, masakan khas Jepang, umumnya menggunakan bahan irisan daging sapi, jamur, dan aneka sayuran. Penggemar makanan berkuah biasanya menyukai shabu-shabu.

Shabu-shabu sendiri tergolong ke dalam jenis nabe ryori atau makanan yang dimasak di dalam panci dan dimakan selagi hangat. Isi shabu-shabu akan disantap dengan kuah kaldu.

Biasanya restoran shabu-shabu mempersilahkan pengunjung "memasak" sendiri shabu-shabu. Nah, ternyata memasak shabu-shabu ada tata caranya tersendiri. Berikut KompasTravel himpun panduan menyantap shabu-shabu dari wawancara bersama Executive Chef Restoran Shabu Hachi, Djoko Santoso.

Pilih kuah dan daging

Bahan-bahan masakan shabu-shabu dimasak dengan kuah di dalam panci. Ketika Anda datang, terlebih dahulu pilih jenis kuah shabu-shabu yang ditawarkan oleh restoran.

Kuah shabu-shabu atau kombu yang berasal dari ganggang laut atau kaldu ayam murni. Beberapa restoran di Indonesia juga biasanya menawarkan pilihan kuah beragam seperti tom yam khas Thailand, sup mongolia, dan aneka kuah lainnya.

Jika belum familiar dengan rasa kuah yang akan dipilih, mintalah kuah tester kepada pelayan. Dengan begitu, Anda bisa merasakan kuah yang dipesan sebelum disajikan untuk merebus.

Jangan lupa juga untuk memilih daging yang akan dimasak. Biasanya restoran akan memberikan harga yang berbeda setiap jenis daging.

Alat memasak shabu-shabu yaitu kompor listrik di Restoran Shabu Hachi, Bogor, Jawa Barat, Rabu (5/4/2017). Shabu Hachi membuka cabang terbarunya di Jalan Padjajaran No 75, Baranangsiang, Bogor Timur, Jawa Barat.
Alat memasak shabu-shabu yaitu kompor listrik di Restoran Shabu Hachi, Bogor, Jawa Barat, Rabu (5/4/2017). Shabu Hachi membuka cabang terbarunya di Jalan Padjajaran No 75, Baranangsiang, Bogor Timur, Jawa Barat. (KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO)

Panaskan kuah 

Pelayan akan langsung meletakkan panci di atas pemanas. Beberapa restoran penyedia shabu-shabu menggunakan kompor listrik.

Halaman
12
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help