TribunKaltim/

Generasi Milenial

Jangan Takut LDR, Begini Cara Mempertahankannya

"Awalnya kita berdua berat, nggak mau LDR. Tapi karena saya keterima kuliah, jadi mau nggak mau harus berangkat deh," jelas gadis 20 tahun ini.

Jangan Takut LDR, Begini Cara Mempertahankannya
TRIBUN KALTIM/AZHAR SRIYONO
Ilustrasi - Hubungan asmara jarak jauh alias Long Distance Relationship (LDR). 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Istilah hubungan jarak jauh atau Long Distance Relationship (LDR) mulai digunakan millennials yang memiliki kisah cinta, namun terpisah jarak dengan sang kekasih.

LDR yang katanya sulit sekali dilakukan, ternyata tidak begitu buruk untuk dilalui. Seperti kisah LDR Ivo yang sudah berjalan selama tiga tahun.

Ketika sepasang kekasih sudah terbiasa bersama, tentu berat untuk berpisah.

"Awalnya kita berdua berat, nggak mau LDR. Tapi karena saya keterima kuliah, jadi mau nggak mau harus berangkat deh," jelas gadis 20 tahun ini.

Ivo yang harus kuliah di Malang, harus berpisah jarak dengan sang kekasih di Balikpapan.

Dari pengakuannya, tidak ada hari tanpa bertengkar dengan kekasihnya.

"Tiga bulan awal nggak pernah nggak bertengkar. Tiap hari ada aja. Sampai mau nyerah, kadang sampai harus cari alasan balik ke Balikpapan padahal saya kuliah di Malang," ungkapnya.

Saat ini, Ivo dan pasangannya telah menjalani LDR selama tiga tahun.

"Saya LDR sudah tiga tahun, selama awal kuliah. Kalau pacarannya sendiri sih sudah hampir enam tahun," jelasnya.

"LDR itu ada hikmahnya sih. Kita berdua jadi lebih menghargai waktu, terus jarang bertengkar. Kalau mau bertengkar itu mikir-mikir lagi. Lebih baik sama-sama ngalah dulu, nanti kalau sudah dingin, baru diomongin baik-baik," lanjutnya.

Pemilik akun instagram @voojunia ini mengakui bahwa kunci LDR hanyalah kepercayaan dan komunikasi.

"Kunci LDR sama pacaran lama ya emang kepercayaan dan komunikasi sih. Banyak-banyak bersyukur, jangan tergoda sama yang lain kalaupun yang lain lebih dari pacar yang sekarang," tegasnya.

Millennials lainnya menganggap LDR sulit dijalani dan serba salah.

"LDR itu nggak enak. LDR itu serba salah. Sudah percaya banget, tau-tau diduain, dikecewain. Seperti pengalaman saya, yang harus LDR beda negara," ungkap pemilik akun @indhfs

Pemilik akun @dimwf mengungkapkan, LDR itu banyak rintangannya dan bikin pikir negatif terus. (*)

Penulis: Alfiah Noor Ramadhany
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help