Berita Video

VIDEO - Serunya Makan Nasi Bekepor dan Bakar Lemang di Atas Daun pisang di Kampus Unikarta

Ketua Panitia Acara sekaligus Dekan Fisipol Unikarta, Awang Muhammad Rifani, mengatakan Acara Cerau Nasi Bekepor yang digelar dalam rangka Dies

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG - Keseruan terlihat di halaman Kampus Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta), Rabu (12/4). Sejumlah mahasiswa berkumpul dan memasak nasi bekepor khas Kutai,  dan membakar lemang di atas bara api.

Nasi bekepor merupakan beras yang dimasak dalam kenceng (periuk) terbuat dari tanah liat hingga berkerak. Nasi bekepor dimasak menggunakan kayu.

Ketua Panitia Acara sekaligus Dekan Fisipol Unikarta, Awang Muhammad Rifani, mengatakan Acara Cerau Nasi Bekepor yang digelar dalam rangka Dies Natalis Unikarta ke-33.

Bukan hanya itu acara tersebut juga dilakukan untuk memperingati Hari Budaya 2017.

Kegiatan ini melibatkan warga Dusun Adat Bensamar dan Bengkuring. Sebanyak 11 orang ibu-ibu dari Bensamar dilibatkan untuk membuat masakan khas Kutai.

"Lewat kegiatan ini kami ingin melestarikan adat budaya kita dengan memperkenalkan nasi bekepor yang selama ini tidak dikenal lagi," ujar Rifani.

Baca: VIDEO – Karya Seni Siswa SMP Se Balikpapan Ini Bikin Bikin Geleng Kepala

Pihak panitia menyiapkan 100 lemang dan 17 kenceng nasi bekepor.  Lemang merupakan penganan yang dimasukkan dalam bambu lalu dibakar hingga matang.

Segala masakan khas Kutai ini disajikan di atas lembar daun pisang, lalu dimakan bersama secara lesehan oleh semua orang yang hadir.

Penulis: Rahmad Taufik
Editor: Martinus Wikan
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help