TribunKaltim/

Relationship

Pria Suka Pamer Pacarnya yang Cantik? Ini Alasannya. . .

Studi psikologi terbaru menemukan, pria memandang wanita sebagai "barang mewah" seperti halnya mobil sport atau jam tangan mahal

Pria Suka Pamer Pacarnya yang Cantik? Ini Alasannya. . .
taoofbadassebook.net
Ilustrasi 

TRIBUNKALTIM.CO - Ciri khas anak-anak adalah senang memamerkan mainan barunya. Tatapan iri dari teman yang lain membuat kita merasa penting, bahkan menjadi pusat perhatian.

Kebiasaan yang sama ternyata juga berlanjut sampai kita dewasa. Bedanya, yang dipamerkan adalah pacar yang cantik dan seksi.

Studi psikologi terbaru menemukan, pria memandang wanita sebagai "barang mewah" seperti halnya mobil sport atau jam tangan mahal, yang bisa meningkatkan status sosial dan memenuhi hasrat untuk dipuja pria lain.

Ini adalah contoh primer dari teori tanda atau signaling, yang menyebutkan bahwa tujuan dari kebanyakan perilaku manusia adalah memberi sinyal nilai dan status pada orang lain.

Karenanya, pria menegaskan posisinya di banding sesamanya dengan menunjukkan pasangannya yang cantik atau menimbulkan iri.

Baca: Sedang Siap-siap Menikah, Eh Kok Ada Mantan Pacar yang Tiba-tiba Muncul?

Baca: Ulala! Baru Pacaran Udah Kayak Pasutri, Nikita Willy Buka Handuk Pamerkan Ini untuk Kekasihnya

Baca: Wahai Ayah-Ibu, Ini Tiga Gaya Pacaran Bocah Zaman Sekarang yang Bikin Netizen Risau

Penelitian yang dimuat dalam Evolutionary Psychological Science ini dibuat dengan melakukan empat eksperimen untuk menilai pasangan yang cantik berfungsi sebagai tanda status.

"Mengencani wanita yang menarik dan disukai pria lain bisa berfungsi sebagai penanda penting dari perilaku dasar yang tidak terlalu terlihat (kecerdasan, kebaikan, ambisi, dan sebagainya).

Karena hanya mereka yang pintar, baik, dan ambisius yang bisa mengencani wanita cantik," kata Bo Winegard, ketua peneliti.

Dalam beberapa kali survei yang dilakukan oleh tim Winegard diketahui bahwa para pria menganggap pria yang memiliki pasangan cantik memiliki status sosial lebih tinggi.

Yang menarik, ternyata pria paling peduli pada pendapat sesamanya dalam hal kualitas pasangannya. Mereka akan lebih bangga jika pria lain menilai pacar atau istri mereka cantik.

Pada survei tahun 2013 yang dilakukan Winegard, ternyata hal yang sama juga berlaku pada wanita. Mereka akan merasa bangga dan memiliki status sosial lebih tinggi jika pacar atau suami mereka tampan. (*)

Editor: Amalia Husnul Arofiati
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help