Home »

Techno

» Lab

Penasaran, Kenapa Ikatan Tali Sepatu Sering Kendor? Ternyata Ini Penjelasan Ilmiahnya

Bersama rekannya, Christine Gregg dan Chris Daily-Diamond, O'Reilly melakukan eksperimen gerakan dan memelototi gerak kaki dan perubahan pada tali.

Penasaran, Kenapa Ikatan Tali Sepatu Sering Kendor? Ternyata Ini Penjelasan Ilmiahnya
Youtube
Tali sepatu 

TRIBUNKALTIM.CO - Saat berjalan cepat atau berlari, Anda mungkin sering mengalami tali sepatu yang kendor atau lepas dengan sendirinya.

Anda tak sendiri sebab Oliver O'Reilly, ahli rekayasa mekanik dari University of Califronia di Berkeley juga mengalaminya.

Selama 40 tahun, O'Reilly menganggap masalah itu sebagai kewajaran.

Hingga 10 tahun lalu saat putrinya, Anna, memintanya mengajari cara mengikat sepatu. Ia mengatakan, "Saya tak ingin menurunkan masalah ini pada generasi selanjutnya."

Baca: Benarkah Ayam Berkokok Pertanda Melihat Malaikat? Ini Tinjauan Ilmiahnya

O'Reilly mencari informasi tentang cara mengikat sepatu yang benar hingga bisa mengajarkan hal yang tepat bagi putrinya.

Lebih dari itu, ia juga melakukan penelitian untuk mengungkap masalah tali sepatu yang kendor sendiri dengan pendekatan fisika.

Bersama rekannya, Christine Gregg dan Chris Daily-Diamond, O'Reilly melakukan eksperimen gerakan dan memelototi gerak kaki dan perubahan pada tali sepatu. Total, waktu yang dihabiskan adalah 100 jam pengamatan, berlangsung selama 2 tahun.

Baca: Pernah Tidur Ketindihan? Ini Penjelasan Ilmiahnya

"Kami berlari di treadmill. Kami mengayunkan kaki ke depan dan belakang sambil duduk di meja untuk menguraikan dampak lewat persamaan. Kami menginjakkan kaki seperti Frakenstein," ungkap Gregg seperti dikutip NPR, Senin (17/4/2017).

Halaman
12
Editor: Ayuk Fitri
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help