TribunKaltim/

Korem 091 Aji Surya Natakesuma

TKI Bermasalah Kembali Dipulangkan dari Malaysia

Berdasarkan data yang dihimpun personel Satgas Pamtas RI-Malaysia, TKI dideportasi dikarenakan melakukan sejumlah pelanggaran.

TKI Bermasalah Kembali Dipulangkan dari Malaysia
HO - Penerangan Korem 091/Aji Surya Natakesuma (ASN).
Ratusan TKI yang dideportasi dari Malaysia saat dilakukan pendataan oleh petugas di pelabuhan Tunon Taka, Nunukan, Kalimantan Utara, Selasa (18/4/2017). 

Laporan Wartawan Tribunkaltim.co, Christoper D

TRIBUNKALTIM.CO, NUNUKAN - Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 611/Awang Long (Awl), Kodam VI/Mulawarman kembali mengamankan tenaga kerja Indonesia (TKI) yang dideportasi dari Sabah, Malaysia, pada Jumat (13/4/2017) silam, ke Nunukan, Kalimantan Utara.

Terdapat 119 TKI yang di deportasi melalui pelabuhan Tunon Taka, Jalan Pelabuhan, Nunukan Tengah.

Pemulangan TKI tersebut, menggunakana dua kapal, yakni KM Mid Express yang membawa 60 TKI dan KM Malindo Express, yang membawa 59.

"Kita kembali melakukan pengamanan terhadap pemulangan TKI yang dideportasi dari Malaysia, melalui pelabuhan Tunon Taka, Nunukan. Total terdapat 119 orang TKI yang di deportasi," ungkap Dansatgas Pamtas Yonif 611/Awl, Letkol Inf Sigid Hengki Purwanto, melalui rilis Penrem 091/Aji Surya Natakesuma (ASN), Selasa (18/4/2017).

Sebelum dideportasi, TKI tersebut diamankan terlebih dahulu di Pusat Tahanan Sementara (PTS) Tawau, Manggatal dan Papar Sabah, Malaysia.

Berdasarkan data yang dihimpun personel Satgas Pamtas RI-Malaysia, TKI dideportasi dikarenakan melakukan sejumlah pelanggaran.

Di antaranya keimigrasian, yang berjumlah 114 orang, lalu tanpa dokumen/Ilegal berjumlah 41 orang, lahir di Malaysia berjumlah 8 orang, dan kasus narkoba berjumlah 6 orang.

"Beragam pelanggaran yang dilakukan oleh TKI ini. Ada yang tidak melengkapi dokumen perizinan, hingga yang terlibat kasus narkoba," ungkapnya.

Lalu, setelah dideportasi, terdapat TKI yang tidak langsung pulang ke daerah asalnya. Ada yang kembali ke Malaysia, yang jumlahnya 71 orang, lalu ada yang pulang ke daerah asalnya, berjumlah 14 orang, serta tinggal di Nunukan, untuk mencari pekerjaan, berjumlah 34 orang.

Setelah melakukan pendataan dari BP3TKI, selanjutnya TKI yang dideportasi dipindahkan ke rusunawa kelurahan Nunukan Selatan. (*)

Penulis: Christoper Desmawangga
Editor: Kholish Chered
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help