TribunKaltim/

Disdik Kaltim Akan Ajukan Pendahuluan Penggunaan Anggaran

"Jadi jangan ingkari janji ya. Ini soal gaji guru honor yang belum terima selama empat bulan," sindirnya.

Disdik Kaltim Akan Ajukan Pendahuluan Penggunaan Anggaran
TRIBUN KALTIM / BUDHI HARTONO
Ketua Komisi IV DPRD Kaltim, Zein Taufiq Nurrohman didampingi sekretarisnya Rita Barito dan Mursyidi Muslim, Ahmad Rosyidi mengundang Kepala Dinas Pendidikan Kaltim, Dayang Budiati didampingi Idham Kabid Ketenagakerjaan Dinas Pendidikan Kaltim, di Lantai 6 Gedung D DPRD Kaltim, Jalan Teuku Umar, Samarinda, Rabu (19/4/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Kaltim, Budhi Hartono

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARIN‎DA - Ketua Komisi IV DPRD Kaltim, Zein Taufiq Nurrohman, mengungkapkan, bahwa yang akan segera dicairkan berupa gaji honor guru selama tiga bulan, berdasarkan hasil penyisiran anggaran Dinas Pendidikan Kaltim‎.

Dengan menyisir anggaran, maka Disdik Kaltim akan mengajukan permohonan pendahuluan penggunaan anggaran.

"Setelah disisir anggaran-anggaran di Dinas Pendidikan itu, dari tiga komponen yang akan dibayarkan akhir April itu, gaji guru honor Rp 1,2 juta/bulan. Itu yang akan dicairkan selama tiga bulan. Itu kan belum dianggarkan di APBD Murni 2017, nanti Disdik akan mengajukan permohonan pendahuluan anggaran," ungkap Zein, kepada Tribun, Kamis (20/4/2017).

Zein menjelaskan, untuk Bosda SMA Rp 900 ribu, SMK Rp 1,1 juta, SLB 1,1 juta‎. Untuk gaji guru honor diupayakan sama dengan Upah Minimum Regional (UMR) Rp 2,3 juta.

"Rp 2,3 juta itu ada tiga komponen. Yaitu gaji Rp 1,2 juta/bulan, insentif Rp 300 ribu dan Bosda, 50 persennya boleh digunakan untuk kepegawaian," jelasnya.

Sekretaris Komisi IV DPRD Kaltim, Rita Barito mengkritik Pemprov Kaltim yang lamban menangani masalah guru honor.

"Hampir setiap hari guru-guru honor itu telepon ke saya. Saya bilang sudah disampaikan ke pemerintah. Ini kan pemerintahnya lamban. Dinas Pendidikan-nya juga tidak jelas mencari solusinya," tegasnya.

Jika janji Kepala Dinas Pendidikan Kaltim, Dayang Budiati, tidak dipenuhi untuk gaji guru honor, maka para guru akan kembali mendatangi kantor gubernur lagi.

"Jadi jangan ingkari janji ya. Ini soal gaji guru honor yang belum terima selama empat bulan," sindirnya. (*)

Penulis: Budhi Hartono
Editor: Kholish Chered
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help