Darurat Narkoba

Melawan Apatisme Warga dengan Operasi Sambang, Mulai Patroli Sepeda hingga Safari Subuh

Dari data yang diperoleh sepanjang tahun 2016 saja, sebanyak 189 kasus narkoba yang diungkap jajaran Kepolisian Sektor Balikpapan Barat.

Melawan Apatisme Warga dengan Operasi Sambang, Mulai Patroli Sepeda hingga Safari Subuh
TRIBUN KALTIM/MUHAMMAD FACHRI RAMADHANI
Patroli sepeda yang dilakukan aparat Polsek Balikpapan Barat sebagai upaya pendekatan kepada masyarakat dalam operasi sambang. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Kawasan Balikpapan Barat memang dikenal sebagai wilayah dengan tingkat penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba cukup tinggi di Balikpapan.

Dari data yang diperoleh sepanjang tahun 2016 saja, sebanyak 189 kasus narkoba yang diungkap jajaran Kepolisian Sektor Balikpapan Barat.

Saat dikonfirmasi, Kapolsek Balikpapan Barat Kompol I Putu Yasa mengungkapkan tingginya narkoba di wilayah hukumnya memang tak bisa ditampik.

Pihaknya jor-joran menangkap para pelaku narkoba, kendati demikian mereka masih tumbuh subur.

"Kalau dilihat tabel, pada kurun 2016 sekitar 189 kasus narkoba berhasil kita ungkap. Bukan hanya berarti barat gudang narkoba, tapi karena polisi yang rajin melakukan penindakan, melakukan upaya paksa penangkapan," beber I Putu Yasa kepada Tribun, Jumat (21/2/2017).

Apatisme masyarakat di Balikpapan Barat, jadi salah satu faktor tumbuh suburnya bisnis haram tersebut di Balikpapan Barat.

Hal tersebut membuat pelaku bisnis narkoba semakin leluasa dan aman.

Sikap apatisme tersebut muncul karena ketakutan.

Umumnya warga takut terhadap ancaman yang mengganggu keamanan mereka, sehingga membuat mereka pasif melihat kegiatan narkoba yang ada di sekeliling mereka.

"Sikap apatisme warga tentu berhubungan dengan keamanan mereka. Umumnya mereka takut. Didatangi atau diancam, sehingga mereka pura-pura tidak tahu. Namun disitukah letak kehadiran polisi, memberi rasa aman, hingga adanya keterbukaan," urai perwira melati 1 di pundak tersebut.

Untuk mengubah sikap apatis warga, pihaknya tak henti-hentinya melakukan upaya dialaogis kepada masyarakat.

Pendekatan kepada masyarakat dalam operasi sambang, patroli sepeda, hingga safari subuh dilakukan untuk menumbuhkan sikap aktif warga Balikpapan Barat.

"Saya tidak bosan sambangi mereka agar mereka terbuka. Patroli sepeda dari pagi sampai sore, malam program UKL dilanjutkan safari subuh dari masjid ke masjid. Kita berupaya masyarakat terbuka dan aktif memberi informasi," ujarnya. (*)

Penulis: Muhammad Fachri Ramadhani
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help