TribunKaltim/

Kapal Feri Tabrak Dermaga Pelabuhan Akibat Hilang Kendali

Insiden yang terekam kamera video itu mengakibatkan 13 orang terluka terjadi saat kapal itu akan meninggalkan pelabuhan

Kapal Feri Tabrak Dermaga Pelabuhan Akibat Hilang Kendali
YouTube/Mirror
Kapal feri Volcán de Tamasite milik perusahaan Naviera Armas menabrak dermaga pelabuhan di Las Palmas, Kepulauan Canary, Spanyol. 

TRIBUNKALTIM.CO, LAS PALMAS - Sebuah kapal feri yang mengangkut 140 orang penumpang kehilangan kendali dan menabrak tembok pelabuhan, Sabtu (22/4/2017).

Insiden yang terekam kamera video itu mengakibatkan 13 orang terluka terjadi saat kapal itu akan meninggalkan pelabuhan Las Palmas, di Pulau Gran Canaria, Spanyol  dengan tujuan Tenerife.

Kapal feri bernama Volcán de Tamasite milik perusahaan Naviera Armas mengalami masalah kelistrikan beberapa menit setelah meninggalkan pelabuhan.

Baca: Hadapi Arus Mudik dan Balik, ASDP Siapkan 16 Kapal Feri

Baca: Bepergian dari dan ke Tenggarong Naik Kapal Feri ASDP Lebih Aman

Saat itu, awak kapal berusaha kembali ke pelabuhan tetapi kemudian kehilangan kendali hingga menabrak tembok pelabuhan.

Video itu memperlihatkan bagaimana kapal feri tersebut terombang-ambing dan melaju lurus menuju tembok pelabuhan Puerto de La Luz.

Dengan kekuatan besar, kapal itu menghantam tembok beton pelabuhan dan menghancurkan dua kendaraan yang tengah parkir di tempat itu.

Kapal itu juga nyaris menabrak beberapa mobil  yang melaju di jalanan pelabuhan tersebut.

Sungguh beruntung tak ada korban jiwa  dalam insiden yang terjadi sekitar pukul 22.00 di ibu kota kepulauan Canary, Las Palmas itu.

Baca: BREAKING NEWS: Kapal Feri Tradisional Tenggelam di Sungai Mahakam

Baca: Kapal Feri Tenggelam di Filipina, 26 Orang Hilang

Dari ke-13 penumpang yang terluka hanya satu orang yang harus dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan. Sisanya dirawat di lokasi atau di pusat kesehatan pelabuhan.

Pemerintah Kepulauan Canary mengumumkan situasi darurat karena terdapat tumpahan cairan ke lautan sepanjang tiga kilometer.

Tabrakan itu mengakibatkan kerusakan cukup parah terhadap pelabuhan Nelson Mandela dengan pecahan beton menutupi jalan akses menuju ke pelabuhan. (*)

Editor: Amalia Husnul Arofiati
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help