TribunKaltim/

Pilgub Kaltim

Kandidat Cagub Kaltim Harus Cermat Berhitung

Diprediksi ada empat kandi‎dat yakni Rita Widyasari, Yusran Aspar, Isran Noor dan Syaharie Jaang.

Kandidat Cagub Kaltim Harus Cermat Berhitung
tribunkaltim.co/rafan arif dwinanto
Pengamat Politik Universitas Mulawarman (Unmul), Lutfi Wahyudi 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Ada kemungkinan kursi partai politik jadi sangat berarti bagi beberapa kandidat calon gubernur Kaltim 2018 mendatang.

Diprediksi ada empat kandi‎dat yakni Rita Widyasari, Yusran Aspar, Isran Noor dan Syaharie Jaang. Memang kursi parpol menjadi syarat bagi kandidat yang ingin maju.

Sebenarnya ada cara untuk mensiasati harga kursi itu tidak mahal.

Misalnya Golkar yang bisa mengusung calonnya sendiri, tidak harus menambah partai pendukung. Begitu juga dengan PDIP bisa menambah satu partai saja untuk mengusung pasangan calon.

Baca: Partai Hanura Patok Harga Kursi Rp 350 Juta untuk Tingkat Kabupaten/Kota

Baca: Segini Harga Kursi Partai di Pilgub Kaltim Menurut Andi Harun

"Sehingga kandidat tidak perlu mengeluarkan uang banyak. Tetapi, kenapa partai-partai itu harus dibeli, karena untuk mengeliminir tokoh/figur membatasi ruang geraknya yang akan mencalonkan bisa menjadi rivalnya nanti," ungkap Lutfi Wahyudi, Dosen Fisip Universitas Mulawarman, Samarinda, Jumat (28/4/2017).

‎Jika ongkos politik di Pilgub Kaltim terlalu mahal, kandidat akan menanggung beban jika kelak terpilih. Sebaliknya, jika tidak terpilih sia-sia membuang biaya untuk perhelatan politik yang sarat gengsi dan intrik.

"Untuk apa bertarung dengan ongkos biaya besar, tidak balik modal, untuk apa? Kecuali kandidat itu sudah mapan secara finansial seperti Sandiga Uno. Kandidat harus berhitung cermat kalau untuk mencalonkan diri," tambahnya.

Karena memang cost politik itu cukup besar. Jadi untuk kandidat harus cermat berhitungnya. Apalagi jika kemungkinannya kecil untuk terpilih.(*)

Penulis: Budhi Hartono
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help