TribunKaltim/

Inilah "Moko" yang Bisa Merangsang Jiwa Kewirausahaan

Menariknya, mobil yang menjadi pilihan lain dari Gran Max itu sudah berbentuk toko berjalan alias moko (mobil toko).

Inilah
KompasOtomotif-Donny Apriliananda
Pikap mini yang dikaroseri menjadi mobil toko. 

TRIBUNKALTIM.CO - Sekali-kali, bukalah cakrawala berpikir Anda ketika mengunjungi pameran otomotif macam Indonesia International Motor Show (IIMS), yang seolah hanya pamer kecanggihan sebuah mobil. Karena tak hanya mobil penumpang, inspirasi bisa datang saat melihat kendaraan komersial.

Mengunjungi booth Daihatsu, terpajang di sudut belakang salah satu model baru yang bermain di segmen kendaraan niaga, yakni Hi Max. Menariknya, mobil yang menjadi pilihan lain dari Gran Max itu sudah berbentuk toko berjalan alias moko (mobil toko).

Jelas sekali kalau moko Hi Max ini dibangun dari tipe pikap, dikaroseri sedemikian rupa hingga seperti punya boks belakang, lengkap dengan bukaan jendela di samping dan belakang untuk akses.

Baca: Brilian, Inilah Inovasi Baru Mobil bagi Penyandang Difabel

Kelebihan Hi Max Moko ini adalah dimensinya yang kecil. Mobil ini pun memberikan banyak inspirasi usaha, termasuk pedagang yang ingin mobil yang fleksibel, meski bakal berdagang dengan space yang tak terlalu luas.

Daihatsu Gran Max Moko yang dipajang di IIMS 2017.
Daihatsu Gran Max Moko yang dipajang di IIMS 2017. (KompasOtomotif-Donny Apriliananda)

Pikap mini yang dikaroseri menjadi mobil toko.(KompasOtomotif-Donny Apriliananda)
”Kami siap mencarikan mitra karoseri yang terbaik. Karena kaitannya dengan keamanan dan garansi. Harga on the road bergantung model toko yang akan dibuat,” ujar salah satu wiraniaga Daihatsu di Hall A JI Expo, Kemayoran, (28/4/2017). 

PT Astra Daihatsu Motor hanya punya dua tipe Hi Max, meski mesin sama-sama 1.000 cc. Tipe pertama, standar, dengan banderol Rp 96,55 juta on the road Jakarta. Tipe lainnya, sudah menggunakan AC dan power steering, harganya RP 104,5 juta.

”Kalau mau, ada model produksi 2016. Kami ada diskon khusus. Kalau tambah karoseri, paling minim Rp 20 jutaan,” kata wiraniaga.

Editor: Ayuk Fitri
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help