TribunKaltim/

Berita Pemkab Kutai Timur

75 Peserta Masuk Seleksi Ujian Kedua, Bupati Ismunandar Pilih Judul Makalah Termudah  

Proses penyaringan seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi (JPT) Pratama (eselon II b) di lingkup Pemkab Kutai Timur (Kutim) kembali berlanjut

75 Peserta Masuk Seleksi Ujian Kedua, Bupati Ismunandar Pilih Judul Makalah Termudah   
HUMAS PEMKAB KUTIM/Irfan
Bupati Ismunandar meninjau langsung proses seleksi JPT Pratama di Ruang Meranti, Selasa (2/5) 

TRIBUNKALTIM.CO, SANGATTA-Proses penyaringan  seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi (JPT) Pratama (eselon II b) di lingkup Pemkab Kutai Timur (Kutim) kembali berlanjut.

Pasca ujian tahap awal yaitu tes kompetensi yang di gelar Badan Kepegawaian Pelatihan dan Pendidikan (BKPP) Kutim dari Rabu (19/4) hingga Jumat (21/4) lalu, 75 peserta melanjutkan rangkaian kegiatan tahap kedua dalam uji gagasan tertulis (penulisan makalah) di Ruang Meranti Kantor Bupati Kutim, Selasa (2/5).

Bupati Kutim Ismunandar didaulat mengambil satu berkas judul sebagai bahan penulisan, dari tiga judul yang dibuat tim penguji asal akademisi perguruan tinggi negeri yang ditunjuk resmi oleh Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Jakarta, sesuai dengan surat keptusan (SK) nomor 3113 tentang JPT Pratama.

Dalam kesempatan ini Bupati Ismunandar memonitoring jalannya seleksi didampingi Wakil Bupati Kasmidi Bulang, Sekda Kutim yang juga Ketua Pansel JPT Pratama Irawansyah, Asisten Pemerintahan dan Kesra Mugeni, dan tamu spesial Wakil Wali Kota Palu Sigit Purnomo alias Pasha Ungu.

Ismu sapaan akrabnya mengutarakan setelah ujian penulisan makalah, dilanjutkan dengan presentasi dan wawancara makalah hasil karya peserta. Tahapan terakhir pengumuman tiga calon terbaik diusulkan kepada pejabat pembina kepegawaian pada Kamis (11/5) mendatang. Adapun tim penguji pansel KASN terdiri dari tiga orang akademisi Universitas Mulawarman (Unmul), Prof Juraemi, Rusdianysah, dan Eni Rohaeda.

“Selamat mengerjakan makalah, saya minta materi dikerjakan dan ditelaah dengan baik. Tema ujian yaitu peran organisasi perangkat daerah (OPD) dalam mendukung percepatan implementasi misi dan visi Bupati Kutim menuju Gerbang Madu”.  Saya pilih yang mudah saja dari tiga judul yang diberikan tim penguji,” kata Ismunandar.

Dari tiga calon peserta terbaik sesuai kompetensi, menurut Ismunandar akan mengatasi permasalahan dan kinerja OPD dalam membangun Kutim. Mereka memiliki ide-ide segar dan gagasan mendukung program Pemkab Kutim.

Sementara itu, Ketua Pansel JPT Pratam, Irawansyah mengatakan kegiatan ini sebagai lanjutan seleksi tahap pertama ke tahap kedua diikuti 75 peserta sebelumnya totalnya ada 79 peserta namun 4 tersisih karena belum melengkapi berkas. Seleksi ini ditujukan dalam mengisi kekosongan JPT pratama dan adanya pejabat memasuki purna tugas 2017 serta pelaksanaan reformasi birokrasi guna mewujudkan Aparatur Sipil Negara (ASN) profesional dan berintegritas.

“Tidak hanya tiga terbaik dalam seleksi ini, adapun 15 jabatan pratama lowong diperebutkan. Nantinya hasil karya makalah dinilai langsung oleh Bupati Ismunandar siapakah yang akan duduk menjadi pejabat eselon II b. Peserta akan mempresentasikan makalah pada Rabu (3/5) sampai Sabtu (6/5) disaksikan tim penguji akademisi,” tutupnya. (advertorial/hms13) 

Editor: Achmad Bintoro
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help