TribunKaltim/

Destinasi

Hanya dengan Rp 4.000, Anda Bisa Menikmati Jernihnya Kolam Alami di Umbul Manten

Dengan membayar Rp 2.500, Anda bisa mendapatkan sebuah jaring untuk menangkap ikan sepuasnya dan dibawa pulang.

Hanya dengan Rp 4.000, Anda Bisa Menikmati Jernihnya Kolam Alami di Umbul Manten
GILANG SATMAKA/TRIBUN JOGJA
Umbul Manten, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. 

TRIBUNKALTIM.CO -- Kabupaten Klaten punya banyak destinasi wisata alam. Umbul alias kolam alami menjadi salah satu daya tarik kabupaten ini.

Klaten punya banyak umbul, yang paling terkenal adalah Umbul Ponggok. Selain itu, ada juga Umbul Manten yang berair jernih dan segar. 

Umbul Manten terletak di Dusun Sidowayah, Polanharjo, Kabupaten Klaten. Suasananya lebih alami dibanding Umbul Ponggok. Masih banyak pepohonan besar di sekitar kolam alami ini.

Tak hanya itu, panorama sawah hijau di kanan dan kiri umbul juga menambah asri pemandangan. Umbul itu sendiri memiliki air yang sangat jernih, bahkan bebatuan di dasar kolam bisa terlihat jelas.

Selain berenang di Umbul Manten, wisatawan juga bisa menangkap ikan.

Dengan membayar Rp 2.500, Anda bisa mendapatkan sebuah jaring untuk menangkap ikan sepuasnya dan dibawa pulang.

Anak-anak setempat biasanya loncat dari sebuah bangunan berbentuk tembok kotak, langsung ke Umbul Manten. Tenang saja, kolam ini cukup dalam sehingga aman untuk diloncati.

Heri, penjaga Umbul Manten mengatakan bahwa tempat ini sudah ada delapan tahun yang lalu. Namun tempat tersebut baru ramai pada 2016.

Umbul Manten bahkan sering digunakan untuk lokasi syuting.

"25 Maret 2017 lalu, tempat ini jadi lokasi syuting iklan salah satu produk rokok ternama di Indonesia," tutur Heri.

Untuk masuk ke Umbul Manten, pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp 4.000 per orang. Biaya parkir kendaraan roda empat sebesar Rp 5.000, dan kendaraan roda dua Rp 2.000. 

Dari Umbul Ponggok, Anda tinggal bertolak ke arah utara sekitar 4,5 kilometer hingga bertemu pertigaan. Beloklah ke kanan, menuju Dusun Jati.

Ikuti jalan beraspal sekitar 1,5 kilometer hingga Dusun Sidowayah. Di kanan jalan, terdapat papan petunjuk lokasi Umbul Manten. Anda sudah sampai di lokasi pintu utama ke Umbul Manten. (Kompas.com/Sri Anindiati Nursastri)

Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help