TribunKaltim/

Festival Film ASEAN, Film Ziarah Boyong Dua Penghargaan Sekaligus

Sementara itu, penghargaan khusus dari para dewan juri diberikan untuk film Ziarah karena penampilan Mbah Ponco Sutiyem, dinilai luar biasa.

Festival Film ASEAN, Film Ziarah Boyong Dua Penghargaan Sekaligus
HO/Film Ziarah
Mbah Ponco Sutiyem asal Gunung Kidul yang jadi pemeran utama Ziarah. 

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA – Berita gembira bagi perfilman Tanah Air, film Ziarah berhasil membawa pulang dua penghargaan dalam  ASEAN International Film Festival and Awards (AIFFA) 2017 yang diselenggarakan di Hotel Pullman, Kuching, Serawak, Malaysia, Sabtu (6/5/17).

Dari empat kategori nominasi yang diterima, Ziarah berhasil memenangkan Best Screenplay dan Special Jury Award.

Dalam kategori Best Screenplay, film yang disutradarai oleh BW Purba Negara ini bersaing dengan empat judul film lainnya, yakni Solo, Solitude (Indonesia), Laut ( Filipina), Imbisibol ( Filipina), serta The Way Station ( Vietnam).

BW mengaku senang, bahwa naskah film yang ditulisnya bisa diapresiasi.

Sementara itu, penghargaan khusus dari para dewan juri diberikan untuk film Ziarah karena penampilan Mbah Ponco Sutiyem, nenek usia 95 tahun dari Gunung Kidul yang menjadi tokoh utama film ini, dinilai luar biasa.

Di sisi lain, rupanya film Solo, Solitude karya sutradara Yosep Anggi Noen juga turut serta memboyong Special Jury Award ini.

Baca: Mbah Ponco Sutiyem yang Berusia 95 Tahun, Asal Gunung Kidul Ini Masuk Nominasi Aktris Terbaik

Baca: Mbah Ponco Sutiyem Jadi Nomine Aktris Terbaik Film ASEAN, Ini Kisahnya Mengapa Ia Bisa Berakting

“Film ini dikerjakan dengan semangat kolaboratif bersama kawan-kawan di Indonesia, khususnya di Gunung Kidul dan Yogyakarta.

Penghargaan ini tentunya saya berikan juga untuk seluruh pemain dan kru yang sudah turut membantu memproduksi film ini,” kata BW dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Sabtu (6/5/2017).

“Semoga prestasi ini bisa menginspirasi teman-teman komunitas film di seluruh Indonesia untuk meraih prestasi-prestasi yang lebih gemilang lagi di masa yang akan datang,” sambungnya.

Sebagai informasi, film Ziarah sudah bisa dinikmati di gedung-gedung bioskop nasional mulai 18 Mei 2017. (Sintia Astarina)

Editor: Amalia Husnul Arofiati
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help