TribunKaltim/
Home »

Opini

Opini

Pameran Sains Lahirkan Ilmuwan Cilik

Dewi menganalogikan telepon genggam dan kamera digital yang terus berkembang. Dari kedua benda tersebut dapat diketahui awal proses kegiatan meneliti.

Pameran Sains Lahirkan Ilmuwan Cilik
HO
Pameran Sains Sekolah Alam Balikpapan 

Oleh Fransiska, S. Si
(Fasilitator Jurnalistik Sekolah Alam Balikpapan)
mimisiska84@gmail.com

SEKOLAH Alam Balikpapan (Samba) menggelar perhelatan akbar, Sciense Fair (Pameran Sains) di Lapangan Merdeka pada Minggu (23/4).
Kegiatan ini merupakan kali ketiga kegiatan serupa yang diadakan setiap tahunnya. Tema Sains Fair tahun ini adalah " Pelajari dan Temukan Kuasa Allah SWT. Melalui Sciense". Peserta sains fair dari kelas satu hingga kelas lima.
Muhammad Tamam Badruddin, Ketua Panitia mengatakan bahwa tujuan digelarnya sains fair ini adalah ingin lebih memahamkan kepada para siswa bahwasanya setiap penciptaan Allah itu banyak mengandung nilai - nilai saintis.
"Selain itu kami juga ingin lebih mengenalkan Sekolah Alam kepada khalayak umum dan sarana menjalin silaturahim dengan para wali murid kami" katanya.
Acara dimulai pukul 07.00 Wita dengan senam irama bersama dan persembahan lagu dari tim guru dan murid SMP Alam. Setelah itu dilanjutkan dengan beragam eksperimen yang dilakukan oleh tim guru dan sambutan dari Motivator Adiwiyata dari Dinas Pendidikan, Bapak Syahrir. "Saya melihat banyak potensi peneliti masa depan dari sini dan saya berharap nantinya Sekolah Alam dapat menjadi motivator baik sekolah negeri maupun swasta akan kegiatan seperti ini," katanya.
Tepat pukul 09.00 Wita, kegiatan pameran dimulai. Masing - masing siswa menempati posisi yang telah disiapkan per level kelas. Para wali murid mendapatkan kesempatan untuk bertanya pada setiap siswa.
"Siswa akan menjawab pertanyaan terkait judul, rumusan masalah, hipotesis, prosedur, data, kesimpulan dan ayat - ayat Al - Quran yang berkenaan dengan judul penelitian. Kemudian orangtua akan memberikan nilai berupa tanda bintang dengan kisaran satu hingga tiga bintang," kata Nurul Fitriani, guru kelas 3 Sungkai saat melakukan briefing pada wali murid kelas 3.
Berbeda dengan pelaksanaan tahun - tahun sebelumnya yang telah ditentukan temanya, untuk tahun ini sekolah memberikan kesempatan sebebas - bebasnya kepada siswa untuk menentukan temanya. Keseluruhan proses percobaan dan hasilnya disajikan dalam display board yang dibuat dari bahan bekas dengan ukuran yang telah ditentukan dalam buku panduan (Log Book).
Untuk pengisian Log Book sendiri diharuskan menggunakan tulisan tangan menggunakan bolpoint sedangkan tulisan komputer hanya diperkenankan pada bagian tinjauan pustaka saja.
Direktur Sekolah Alam, Dewi Husnul Khotimah menyampaikan apresiasi positifnya akan berbagai penelitian yang dilakukan para siswanya,
"Saya bangga disini berdiri bersama ilmuwan - ilmuwan masa depan". Katanya
Dalam refleksinya, Dewi menganalogikan telepon genggam dan kamera digital yang terus berkembang. Dari kedua benda tersebut dapat diketahui awal proses kegiatan meneliti.
"Mudah - mudahan tahun depan bisa menghasilkan penelitian yang lebih hebat lagi," tambahnya. Acara ditutup pukul 11.00 Wita dengan pembagian sertifikat sebagai ucapan terima kasih dari pihak sekolah kepada para siswanya.
Pameran Sains sendiri merupakan Proyek WWP (Working With Parents). Sebelum hari pelaksanaan, para siswa bersama orangtuanya masing - masing melakukan serangkaian percobaan sesuai buku panduan catatan proyek (Log Book) yang dibagikan oleh pihak sekolah. Buku itu merupakan jurnal harian berisi catatan lengkap secara terperinci, akurat dan ilmiah berdasarkan judul penelitian. Ketentuan pengisan buku tersebut adalah hanya diperkenankan diisi atau ditulis mggunakan bolpoint dan tidak diperbolehkan menghapus kesalahan penulisan dengan menggunakan alat bantu untuk menghapus atau dengan kata lain cukup hanya dengan mencoretnya dengan satu garis.
Ada beberapa tahap dalam LogBook yang musti dilengkapi. Tahap 1 berisi tentang "Ketakjuban pada Ciptaan Allah". Benda, proses atau suatu peristiwa tentunya mengundang rasa ingin tahu yang lebih dalam akan hal itu yang bsia dikembangkan menjadi sebuah ide penelitian ilmiah yang tidak bisa dilepaskan dari bentuk kekuasan Allah SWT. Selanjutnya Tahap 2 mengenai "Pertanyaan". Sebuah penelitian berawal dari suatu pertanyaan yang ingin digali jawabannya
Tahap 3 adalah "Pernyataan" yang berisi tentang perlu atau tidaknya model (prototipe) dalam penelitian yang dilakukan sertapernyataan tentang besar atau tidaknya kebutuhan dana dalam mendesain atau mengujinya. Dilanjutkan dengan Tahap 4 yakni "Prediksi atau Perkiraan" yang disebut dengan istilah Hipotesis. Hipotesis adalah suatu pernyataan yang menggambarkan apa yang diuji dan apa yang diharapkan untuk dicari. Hipotesis yang dibuat harus berlandaskan penjelasan ilmiah.
Tahap 5 adalah "Perencanaan". Dalam tahap ini mencakup tentang, "Masalah, Tujuan, Prediksi atau Hipotesis, Langkah - Langkah dan Tinjauan Pustaka". Lanjut ke Tahap 6 adalah "Percobaan". Dalam percobaan perlu ditentukan variabel yang merupakan faktor apapun yang dapat berubah dalam sebuah percobaan atau eksperimen. Setelah melakukan percobaan maka masuk ke Tahap 7, yaitu "Pengolahan Data'. Data yang didapat dari hasil percobaan akan diolah sebagai analisis data dengan menampilkan bagan atau grafik.
Tahap terakhir adalah "Pelaporan". Laporan proyek dibuat dalam bentuk Papan Pameran (Display Board). Papan pameran dibuat dari bahan berbahan keras, seperti papan impra, polikabrobant, karton dupleks yang dirancang menjadi lipatan tiga untuk memudahkan meletakkan di atas meja. Masing - masing siswa diwajibkan membuat papan pameran tersebut yang mencakup : "Judul, Nama dan Kelas, Pertanyaan Penelitian, Perkiraan atau Hipotesis, Daftar alat dan bahan, Prosedur atau Cara Kerja, Data Hasil Percobaan, Kesimpulan, Ayat Al Quran yang berkolaborasi dengan penelitian (Di dalam Al Quran banyak terdapat surah yang membahas tentang sains, diantaranya :"Maka apakah mereka tidak memperhatikan unta, bagaimana ia diciptakan? Dan langit, bagaimana ia ditinggikan?. Dan gunung-gunung bagaimana ia ditegakkan?. Dan bumi bagaimana ia dihamparkan" (QS. Al Ghasyiyah : 17-20). (*)

Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help