TribunKaltim/

BNNK Akan Asessmen Pecandu Narkoba, Begini Pola Kerja Tim Terpadu

Rekomendasi itu menjelaskan tingkat ketergantungan pada narkotika dan keterlibatan tersangka pada tindak pidana narkotika.

BNNK Akan Asessmen Pecandu Narkoba, Begini Pola Kerja Tim Terpadu
TRIBUN KALTIM/NEVRIANTO
ILUSTRASI - Kantor Pusat Rehabilitasi Narkoba Samarinda berdiri megah siap menampung dan merehabilitasi para pecandu obat-obatan terlarang (narkoba). 

Laporan Wartawan Tribun Kaltim, Niko Ruru

TRIBUNKALTIM.CO, NUNUKAN - Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Nunukan akan melakukan asessmen kepada pecandu dan korban narkoba.

Kepala BNNK Nunukan Komisaris Polisi Lamuati mengatakan, asessmen yang dilakukan tersebut merupakan salah satu langkah penanganan terpadu terhadap para korban narkoba.

Untuk melakukan asessmen dimaksud, pihaknya membentuk Tim Asessmen Terpadu (TAT).

“Anggotanya tim dokter baik medis maupun psikologis, tim hukum yang terdiri dari kepolisian, kejaksaan, BNN, Hukum dan HAM,” ujarnya, Rabu (10/5/2017).

TAT, kata dia, berperan sebagai aksesor yang akan memberikan rekomendasi kepada hakim.

Rekomendasi itu menjelaskan tingkat ketergantungan pada narkotika dan keterlibatan tersangka pada tindak pidana narkotika.

"Jadi kalau barang bukti kurang dari satu gram, kami akan asessmen. Apakah bisa rehabilitasi atau tidak? Tetapi kalau diatas 1 gram, itu sudah diluar batas. Kalaupun rehab tunggu proses hukum berjalan," ujarnya.

Dia mengatakan, asessmen yang dilakukan tersebut akan membuktikan, apakah tersangka hanya sekedar pemakai atau korban. Ataukah memang si tersangka merupakan pengedar.

Asessmen dilakukan langsung di klinik pratama rehabilitasi milik BNNK Nunukan yang baru didirikan.

Diharapkan, asessmen akan membantu para pecandu untuk sembuh dari ketergantungan terhadap zat kimia berbahaya tersebut.

"Kita berharap TAT bisa optimal dalam melaksanakan kebijakan rehabilitasi terhadap pecandu atau korban penyalahgunaan narkotika dan memulihkan dari kecanduan obat-obat terlarang," ujarnya. (*)

Penulis: Niko Ruru
Editor: Kholish Chered
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help