TribunKaltim/
Home »

News

» Jakarta

Pilkada DKI Jakarta

LSI Denny JA Raih Lima Kategori Penghargaan AROPI

"Selisih kompas cuma 0.05%,mengalahkan Indikator (0,06%) dan Charla Politik a (0,08%)," tandas Sunarto.

LSI Denny JA Raih Lima Kategori Penghargaan AROPI
IST
Denny JA 

TRIBUNKALTIMCO - Asosiasi Riset Opini Publik (AROPI), memberikan enam penghargaan terhadap hasil riset kinerja lembaga survei dan konsultan politik.

Pejabat Sementara Ketua Aropi, Sunarto Cipto Harjono menjelaskan, ada enam kategori untuk penghargaan tersebut.

Kategori itu kata Sunarto adalah pertama penghargaan untuk lembaga survei yang melakukan jumlah riset dan konferensi pers terbanyak selama Pilkada DKI.

Kategori kedua, penghargaan untuk prediksi hasil terakhir survei yang paling mendekati real count KPU. Kategori ketiga, Penghargaan untuk selisih quick count terkecil dibandingkan real count KPU.

Kategori keempat, penghargaan untuk pengumuman pemenang tercepat dan akurat. Lalu kategori Kelima, Penghargaan untuk konsultan, politik yang memenangkan calon gubernur. Dan yang terakhir, Penghargaan untuk Gubernur yang paling banyak yang dimenangkan oleh konsultan politik selama Pilkada.

"Untuk kategori pertama, yakni lembaga yang paling banyak melakukan survei adalah LSI Denny JA. Selama Pilkada DKI LSI Denny JA, tercatat melakukan dua belas kali riset dan konfrensi pers, " ujar Sunarto dalam rilis yang diterima Tribun, Selasa (9/5/2017).

Selain kategori pertama, LSI Denny JA, juga menyabet penghargaan untuk kategori kedua, yakni hasil survei terakhir yang mendekati real count KPU.

"Mengikuti cari penghitungan KPU, hanya hasil survei LSI Denny JA yang selisihnya dibawah Margin of error, " tutur Sunarto.

Sementara itu, untuk penghargaan kategori ketiga, diberikan kepada Kompas, dimana hasil risetnya selisih quick count paling kecil dibandingkan real count KPU.

"Selisih kompas cuma 0.05%,mengalahkan Indikator (0,06%) dan Charla Politik a (0,08%)," tandas Sunarto.

Selanjutnya untuk kategori keempat, LSI Denny JA kembali dinobatkan sebagai lembaga survei yang paling cepat memberikan pengumuman pemenang. Pada Pilkada lalu, pukul 12.15 Denny JA sudah mengumumkan pemenang Pilkada melalui Exit Poll.

Untuk kategori Kelima, diberikan kepada dua lembaga survei yakni, LSI Denny JA dan Pollmark Indonesia, sebagai konsultan politik. Dan yang terakhir, untuk kategori keenam, kembali LSI Denny JA memenangkan penghargaan untuk kategori memenangkan paling banyak gubernur.

"LSI Denny JA, sudah memenangkan 32 gubernur diseluruh Indonesia. Tidak konsultan politik lain yang punya bukti sebanyak LSI Denny JA," Sunarto. (Tribunnews.com)

Editor: Kholish Chered
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help