TribunKaltim/

70 Orang yang Keracunan, Diduga karena Santap Rendang Daging Sapi Asal Malaysia

Sedikitnya 70 orang teridentifikasi keracunan makanan usai menyantap makanan pesta pernikahan di Jalan Radio, Kecamatan Nunukan.

70 Orang yang Keracunan, Diduga karena Santap Rendang Daging Sapi Asal Malaysia
TRIBUN KALTIM/NIKO RURU
Pasien keracunan makanan saat memeriksakan diri di Puskesmas Nunukan, Kamis (11/5/2017). 

TRIBUNKALTIM.CO, NUNUKAN - Kepala Bidang Pemberantasan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan pada Dinas Kesehatan Kabupaten Nunukan, Ramsidah mencurigai daging asal Malaysia sebagai penyebab keracunan puluhan warga di Nunukan.

Sedikitnya 70 orang teridentifikasi keracunan makanan usai menyantap makanan pesta pernikahan di Jalan Radio, Kecamatan Nunukan.

Ramsidah mengatakan, pihaknya telah melakukan wawancara dengan sejumlah korban keracunan makanan. Sebagian besar pasien mengaku menyantap masakan rendang daging.

‘’Hasil wawancara kami, mereka yang menyantap hidangan daging mayoritas keracunan. Kalau yang menghindari daging tidak keracunan,’’ ujarnya, Jumat (12/5/2017).

Pihaknya menyayangkan jika hasil laboratorium terbukti, daging asal Malaysia tersebut positif menjadi penyebab keracunan.

Baca: Muntah-muntah, 70 Warga Dibawa ke Rumah Sakit, Diduga Keracunan

Daging tersebut dibeli dari Tawau, Negara Bagian Sabah, Malaysia. Daging itupun dibeli dari pedagang tidak resmi sehingga kemungkinan berbahaya sangat tinggi. Sebab belum teruji kandungan protein ataupun zat dalam daging.

Dia menyebutkan, daging yang dibeli dari pedagang tidak resmi pastinya nihil pengawasan.

‘’Ini yang kami khawatirkan. Saya mencari pembungkusnya tidak ada sudah. Katanya beli pak. Kalau packingan biasanya daging allana saja ada begitu,” ujarnya yang berharap semua pihak menunggu hasil uji sampel makanan di laboratorium.

Kepala Puskesmas Nunukan Ika Bihandayani mengatakan, ada 70 korban terdiri dari dewasa sebanyak sebanyak 28 orang laki laki dan perempuan 31 orang serta anak laki-laki sebanyak 6 orang dan perempuan 5 orang, yang telah memeriksakan diri di Puskesmas Nunukan.

Halaman
12
Penulis: Niko Ruru
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help