TribunKaltim/

Anda Hobby Jalan-jalan? Inilah Waktu Terbaik Liburan ke Selandia Baru

Musim semi di Selandia Baru terjadi pada bulan Maret ke Mei. Sementara musim gugur pada bulan September sampai November.

Anda Hobby Jalan-jalan? Inilah Waktu Terbaik Liburan ke Selandia Baru
net
Hobbiton Movie Set di Matamata, Selandia Baru 

TRIBUNKALTIM.CO - Pesawat Singapore Airlines dari Singapura menuju Selandia Baru begitu penuh. Semua kursi terisi penuh. Padahal ini jenis pesawat Airbus A380 berbadan lebar dengan dua tingkat.

Pada perjalanan saya ke Selandia Baru pada Desember lalu, pesawat yang saya tumpangi itu didominasi keluarga. Suara bayi dan anak kecil bersahutan. Bisa dibilang, para penumpang ini adalah turis-turis yang hendak berlibur bersama keluarga di Selandia Baru.

Akhir tahun seperti bulan Desember adalah musim padat kunjungan bagi Selandia Baru. Selain karena memasuki musim liburan bagi banyak negara di dunia, Desember juga awal musim panas bagi Selandia Baru. Cuacanya pun cenderung hangat.

Baca: Jadi Bandar Sabu di Balikpapan, Bule Asal Selandia Baru Divonis 11 Tahun Penjara

"Berlibur di Selandia Baru?" tanya salah satu awak kabin. Saya hanya mengangguk. "Ini bulan yang tepat, Anda akan suka cuacanya," tuturnya dengan ramah.

Ia benar. Sepanjang perjalanan keliling Pulau Utara dari Selandia Baru selama lebih dari sepekan, cuaca cenderung hangat. Walau bagi orang yang biasa tinggal di negara tropis, cuaca hangat itu bisa dibilang dingin, terutama pada pagi hari atau saat angin berembus. Suhu rata-ratanya sekitar 18 derajat Celsius.

Namun, sebagian besar tempat wisata yang saya kunjungi begitu padat oleh turis. Walau bisa dibilang ramai, pengelolaan pengunjung begitu rapi, sehingga terkesan tidak sumpek.

Baca: Inilah Negeri Para Hobbit, Jelajahi Middle Earth Sungguhan di Selandia Baru

Foto: Bungy jumping di Sungai Waikato, Taupo, Selandia Baru(Kompas.com/Ni Luh Made Pertiwi F.)

Hanya saja, jika Anda berencana liburan ke Selandia Baru, Regional Manager South & South East Asia Tourism New Zealand, Steven Dixon, menyarankan turis Indonesia sebaiknya berkunjung saat shoulder season atau musim di antara musim padat kunjungan dengan musim sepi kunjungan.

"Shoulder season di Selandia Baru adalah saat musim semi dan musim gugur," katanya di Jakarta, beberapa waktu yang lalu.

Musim semi di Selandia Baru terjadi pada bulan Maret ke Mei. Sementara musim gugur pada bulan September sampai November.

Halaman
12
Editor: Ayuk Fitri
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help