TribunKaltim/

Berselang Dua Hari, TKI Kembali Berupaya Senyelundupkan Gading Gajah dari Malaysia

TKI asal NTT itu diamankan bersama gading gajah seberat 10,5 kilogram yang disimpannya dalam kotak kardus.

Berselang Dua Hari, TKI Kembali Berupaya Senyelundupkan Gading Gajah dari Malaysia
HO
Gading gajah yang diamankan petugas Kantor Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Nunukan, Senin (15/5/2017) dari Saban (57). 




Laporan Wartawan Tribunlaltim.co, Niko Ruru

TRIBUNKALTIM.CO,NUNUKAN- Petugas Kantor Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Nunukan, Senin (15/5/2017) mengamankan Saban (57).

Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Malaysia asal Adonara, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur ini diamankan bersama gading gajah seberat 10,5 kilogram yang disimpannya dalam kotak kardus.

Penangkapan ini hanya berselang dua hari dengan Fernando Lising Manis, warga Desa Lewatolok, Amakaka, Kecamatan Ile Ape, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur yang diamankan Sabtu (13/5/2017) saat baru tiba di Pelabuhan Tunon Taka, Kecamatan Nunukan.

Dari tangan Fernando diamakan empat potong gading gajah.

Kepala Kantor Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Nunukan, Max Franky Karel Rory mengatakan, pengungkapan kasus tersebut berawal dari hasil analisis X- Ray di Pelabuhan Tunon Taka, Kecamatan Nunukan.

Gading gajah milik Saban sekitar pukul 11.00 baru saja tiba di Pelabuhan Tunon Taka, setelah menumpang long boat dari Bambangan, Kecamatan Sebatik Barat.

Tak hanya penumpang asal Malaysia, berkat sinergitas seluruh aparat di pelabuhan, semua barang bawaan penumpang termasuk yang menumpang long boat saat ini diharuskan melintasi X-Ray untuk meningkatkan pengawasan barang bawaan penumpang.

"Saat itu kardusnya tertutup terpal,” ujarnya.

Max mengatakan, meskipun menemukan gading gajah dimaksud, sang pemilik ternyata
menumpang long boat yang lain.

“Jadi barangnya lebih dulu sampai. Kami simpan barang tersebut dalam ruang pemeriksaan. Pemiliknya menumpang perahu yang lain, setelah barangnya kami amankan,” ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Niko Ruru
Editor: Achmad Bintoro
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help