TribunKaltim/

Jumlah Murid Minim, Beberapa SD Terpaksa Dimerger atau Dipindah

Pasalnya, keberadaan SDN 019 ini memang sangat dibutuhkan di wilayah yang dulunya disengketakan.

Jumlah Murid Minim, Beberapa SD Terpaksa Dimerger atau Dipindah
TRIBUN KALTIM / DOAN E PARDEDE
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bulungan, Jamaluddin Saleh, memantau pelaksanaan Ujian Nasional di SDN 003 Tanjung Selor di Jalan KS Tubun, Tanjung Selor, Senin (15/5/2017). 

Laporan Wartawan Tribunkaltim.co, Doan Pardede

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Sejumlah Sekolah Dasar (SD) yang ada di Kabupaten Bulungan akan digabung dengan sekolah lain (merger) atau dipindahkan dari lokasi semula.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bulungan, Jamaluddin Saleh, kepada Tribunkaltim.co, Senin (15/5/2017), mengatakan, alasan utama penggabungan atau pemindahan SD ini adalah pemerataan akses pendidikan.

Dimana kondisi saat ini di Kabupaten Bulungan, ada sekolah yang memiliki murid sangat sedikit. Sementara di daerah lain yang berpenduduk padat, tidak ada sekolah.

Dan berdasarkan pengamatan, kata dia, ada dua SD, yakni di Jalan Pahlawan Tanjung Selor dan di SD seputaran Desa Tanjung Buka, yang pasti akan dileburkan.

Sementara beberapa SD di daerah terpencil, yang memang sudah dibidik untuk digabungkan atau dipindahkan, masih dilakukan kajian mendalam.

"Kalau yang pinggiran, kita memang masih pikir-pikir," ujarnya.

Sementara untuk SDN 019 Tanjung Selor yang jumlah muridnya terus menurun karena harus menumpang di sekolah lain, Jamaluddin memastikan bahwa sekolah ini tetap akan dipertahankan.

Pasalnya, keberadaan SDN 019 ini memang sangat dibutuhkan di wilayah yang dulunya disengketakan.

Rencananya, pembangunan gedung baru SDN 019 ini akan mulai dikerjakan tahun 2018 mendatang, dan akan dibiayai dengan pola pembiayaan kontrak tahun jamak (multiyears contract).

Untuk target SDN 019 Tanjung Selor bisa belajar di gedung baru, menurutnya paling cepat tahun 2020 mendatang.

"Kami usulkan pembangunannya dimulai tahun 2018 ini," katanya. (*)

Penulis: Doan E Pardede
Editor: Kholish Chered
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help