TribunKaltim/

Bangunan Mangkrak, Kejari Bidik Profesor Penerima Hibah

"Diduga, yayasan itu satu orang pemiliknya. Hasil pemeriksaan tim Pidsus, pemiliknya bergelar profesor"

Bangunan Mangkrak, Kejari Bidik Profesor Penerima Hibah
IST
Pidsus Kejari Kubar mendokumentasikan lokasi pembangunan SMK dan Stikes di Kubar, yang diduga mangkrak. 

Laporan Wartawan Tribun Kaltim, Budhi Hartono

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Tim Pidana Khusus Kejari Kutai Barat mengusut penyaluran dana hibah sebesar Rp 18 miliaran.

Dana yang bersumber dari Dana APBD Kaltim tahun anggaran 2013 itu antara lain diperuntukkan untuk membangun sekolah menengah kejuruan (SMK) dan Sekolah Tinggi Kesehatan (Stikes) di Kecamatan Barong Tongkok, Kabupaten Kutai Barat.

Kepala Seksi Pidana Khusus Kejari Kutai Barat, Johansen Silitonga membenarkan, ada beberapa perkara yang sedang diusut yang akan ditingkatkan dari tahap penyelidikan ke penyidikan.

Perkara itu, lanjut Johansen, ‎terkait tiga yayasan penerima dana hibah. Antara lain untuk membangun SMK dan Stikes. Kata dia, penerima dana hibah antara lain, Yayasan Sekar Alamanda, Permata Bumi Sendawar, dan Sendawar Sejahtera.

"Diduga, yayasan itu satu orang pemiliknya. Hasil pemeriksaan tim Pidsus, pemiliknya bergelar profesor," kata Johansen yang ditemui Tribun, di Pengadilan Negeri Samarinda, Jalan M Yamin, Senin (15/5/2017) sore.

Berdasarkan hasil investigasi di lokasi pembangunan SMK dan Stikes di Kubar, ‎Tim Pidsus Kejari Kubar menghimpun data di lapangan.

"Fakta di lokasi area yang akan dibangun SMK dan Stikes, kini mangkrak bangunanya," ungkap Johansen.

Disinggung kerugian negara, ‎ia belum bersedia menyebutkan nilai kerugian negara dari dugaan penyalahgunaan dana bantuan hibah untuk tiga yayasan, yang antara lain digunakan untuk membangun SMK dan Stikes.

Hanya saja, ia menyebutkan untuk dua yayasan yang menerima ‎dana hibah, diduga ada penyalahgunaan atau penyimpangan penggunaan anggaran yang merugikan keuangan negara sekitar Rp 2,5 miliar. Johansen belum bersedia menyebutkan dua dari tiga yayasan tersebut. (*)

Penulis: Budhi Hartono
Editor: Kholish Chered
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help