TribunKaltim/

Liga Indonesia

BREAKING NEWS - Inilah Hasil Verifikasi Stadion Batakan oleh PT LIB

Selain itu saat ini Beruang Madu juga sedang menunggu keputusan PT Pertamina untuk kembali memakai Stadion Parikesit.

BREAKING NEWS - Inilah Hasil Verifikasi Stadion Batakan oleh PT LIB
TRIBUN KALTIM / ARIF FADILLAH
Tim verifikasi dari PT LIB tengah mengukur gawang di Stadion Batakan, Selasa (16/5/2017) 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Pecinta sepakbola Kota Balikpapan tampaknya meski bersabar untuk melihat tim kesayangannya Persiba menjajal Stadion Batakan.

Hal ini lantaran stadion yang digadang-gadang mirip dengan Emirates Stadium itu belum lolos verifikasi yang dilakukan PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Tim dari PT LIB melakukan verifikasi pada, Selasa (16/5/2017) pukul 14.00 Wita.

Mereka langsung mengecek kelayakan stadion berkapasitas 46 ribu penonton tersebut untuk menggelar pertandingan Liga 1 2017.

Meski tampak megah sayang markas baru Beruang Madu masih belum bisa menggelar pertandingan Liga 1.

Hanya satu saja yang menjadi penyebabnya, yakni akses jalan masuk ke stadion meski terselesaikan.

"Akses untuk masuk ke stadion tadi saya lihat belum selesai. Karena itu sangat penting untuk kemudahan tim tamu dan tuan rumah untuk masuk menuju stadion. Selain itu parkir yang tersedia juga belum selesai, karena lahan parkir yang ada tidak cukup untuk kapasitas penonton 46 ribu," ujar Somad selaku perwakilan PT LIB, Selasa (16/5/2017) pukul 16.00 Wita.

Namun untuk lolos verifikasi di level AFC masih ada sedikit yang perlu ditambahkan. Seperti diameter tiang gawang yang harusnya 12 centimeter.

Sementara di Stadion Batakan melebihi dari standar tersebut. Kursi untuk tribun VIP wajib dipenuhi minimal 3 ribu single seat.

(Baca juga: Persiba Berharap Bisa Jamu Borneo FC di Stadion Parikesit, Ini Respon Pertamina )

"Jadi kalau untuk AFC masih banyak yang perlu dibenahi. Shower ruang wasit. Tapi untuk Liga 1 tidak ada masalah kalau lapangan dan stadion. Harusnya Persiba koordinasi dulu ketika melakukan pembangunan dengan PSSI atau PT LIB," tambahnya.

Sementara itu Andi M Yusri, PPK Stadion Batakan Dinas Pumengakui akan segera memenuhi kelengkapan stadion. Terlebih untuk akses jalan masuk yang rencananya mendapatkan anggaran di APBD- Perubahan 2017.

"Dalam waktu dekat akan kita tuntaskan jalan masuk, karena sudah dapat Rp 10 miliar. Jalan masuk itu yang belum dicor diameter 400 meter. Anggaran Rp 10 miliar itu termasuk saluran pembuangan air ya. Sementara ini stadion masih dalam pemeliharaan hingga April 2018," katanya saat menemani tim verifikasi Stadion, Selasa (16/5/2017) pukul 16.00 Wita.

Persiba tampaknya harus menunggu kelengkapan Stadion tersebut. Selain itu saat ini Beruang Madu juga sedang menunggu keputusan PT Pertamina untuk kembali memakai Stadion Parikesit sebanyak dua laga di bulan Juni mendatang. (*)

Penulis: Arif Fadilah
Editor: Kholish Chered
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help