TribunKaltim/

Tersangka Peyelundupan TKI Ilegal Ajukan Pra Peradilan, Begini Komentar Kasat Reskrim Nunukan

dua tersangka tindak pidana perdagangan orang atau human trafficking masing-masing Mansur bin Colli dan Rusdiansyah bin Saripuddin.

Tersangka Peyelundupan TKI Ilegal Ajukan Pra Peradilan, Begini Komentar Kasat Reskrim Nunukan
TRIBUNKALTIM.CO/NIKO RURU
Puluhan calon tenaga kerja Indonesia (TKI) illegal yang diamankan dari penampungan di Kecamatan Sebatik Timur, Senin (3/4/2017) lalu. 

Laporan Wartawan Tribunkaltim.co, Niko Ruru

TRIBUNKALTIM.CO,NUNUKAN- Kepala Satuan Reskrim Polres Nunukan AKP Suparno enggan mengomentari materi pra peradilan dua tersangka tindak pidana perdagangan orang atau human trafficking masing-masing Mansur bin Colli dan Rusdiansyah bin Saripuddin.

Suparno hanya menyebutkan, pra peradilan merupakan hak tersangka. “Itu hal biasa. Mengajukan pra peradilan itu kan hak mereka? Jadi tidak masalah," ujarnya, Selasa (16/5/2017).

Ditanya soal materi pra peradilan, ia tak ingin mengomentarinya. “Semua akan teruji dalam pengadilan pra peradilan. Sampai jumpa di pengadilan saja," katanya.

Mansur dan Rusdiansyah menjadi tersangka tindak pidana perdagangan orang, yang melibatkan 45 calon tenaga kerja Indonesia (TKI) illegal.

Aparat Polres Nunukan bekerja sama dengan Direktorat Kriminal Umum Kepolisian Daerah Kalimantan TImur, Senin (3/4/2017) lalu menggerebek sebuah rumah di wilayah Kecamatan Sebatik Timur.

Rumah tersebut diduga menjadi penampungan orang-orang yang akan diselundupkan ke Malaysia.

Saat itu Polisi mengamankan 45 orang termasuk diantaranya anak-anak dan balita. Mayoritas mereka berasal dari Sulawesi Selatan dan Nusa Tenggara Timur.

Dengan usia yang masih produktif, puluhan orang ini datang berkelompok melalui Pulau Nunukan lalu menyeberang ke Bambangan, Kecamatan Sebatik Barat.

Mereka lalu diangkut menumpang mobil menuju Sungai Nyamuk, Kecamatan Sebatik Timur. Belum sempat menyeberang ke Malaysia karena cuaca buruk saat itu, penggerebekan sudah dilakukan Polisi.

Puluhan calon TKI itu hingga kini masih ditampung di rumah susun sewa sederhana (rusunawa) Kecamatan Nunukan Selatan untuk menjadi saksi kasus yang menjerat kedua tersangka.

Halaman
123
Penulis: Niko Ruru
Editor: Achmad Bintoro
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help