TribunKaltim/

Distributor di Bulungan Akhirnya Sepakati Jual Gula Rp 12.500/Kg Sesuai HET Nasional

Kesepakatan ini dicapai dalam pertemuan antara agen dan distributor bersama Pojka Stabilisasi Harga Pangan Kalimantan Utara

Distributor di Bulungan Akhirnya Sepakati Jual Gula Rp 12.500/Kg Sesuai HET Nasional
TRIBUNKALTIM.CO/MUHAMMAD ARFAN
Tim Pokja Stabilisasi Harga Pangan Kalimantan Utara saat menyambangi salah satu gudang agen bahan pokok di Jalan Sengkawit Tanjung Selor, Bulungan, Kalimantan Utara, Selasa (17/5/2017). 

Laporan Wartawan Tribunkaltim.co, Muhammad Arfan

TANJUNG SELOR, TRIBUN - Para distributor maupun agen gula pasir di Tanjung Selor sepakat untuk menerapkan harga gula pasir curah sesuai harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan Kementerian Perdagangan sebesar Rp 12.500 per kilogram.

Kesepakatan ini dicapai dalam pertemuan antara agen dan distributor bersama Pojka Stabilisasi Harga Pangan Kalimantan Utara di Kantor Disperindagkop UMKM Kalimantan Utara Komplek Ruko Pasar Induk Bulungan, Rabu (17/52017).

Kesepakatan ini bukan tanpa catatan. Ketua Pojka Septi Yusnita usai pertemuan tertutup tersebut mengungkapkan, untuk menerapkan HET Rp 12.500 per kilogram lebih dulu Disperindagkop UMKM Kalimantan Utara akan mengambil langkah bersurat kepada Bulog Pusat di Jakarta meminta alokasi gula.

Septi memastikan permintaan alokasi gula kepada Bulog untuk bisa disetujui Bulog pusat lantaran kebijakan penyatuan harga HET gula pasir Rp 12.500 adalah kebijakan pemerintah dalam hal ini Kementerian Perdagangan.

Untuk lebih menguatkan permintaan, Bulog Bulungan kata Septi akan bersurat pula kepada Bulog Tarakan untuk selanjutnya Bulog Tarakan membantu fasilitasi pula ke Bulog Pusat.

"Jadi semua pihak bekerjasama. Kami juga bersurat, Bulog Bulungan juga bersurat secara berjenjang," sebut Septi yang juga menjabat sebagai Kepala Seksi Perlindungan Konsumen Disperindagkop UMKM Kalimantan Utara ini saat disua Tribun, Rabu (17/5/2017).

Pihaknya sendiri belum mengkalkulasi berapa kebutuhan gula curah yang diminta kepada Bulog. Namun ia memastikan, persediaan gula di Bulungan masih cukup untuk kebutuhan selama bulan Ramadhan berdasarkan informasi yang ia gali dari distributor dan agen saat pertemuan.

"Stok mereka (distributor dan agen) masih cukup. Tetapi pada umumnya memang adalah gula kemasan yang harganya Rp 15.000 sampai Rp 17.000. Untuk gula curah, tidak banyak memang. Maka dari itu gula curah kami minta ke Bulog dalam bentuk karungan. Nanti dikemas oleh distributor di sini," ujarnya.

Yang terpenting menurut Septi bagaimana gula curah berharga murah Rp 12.500 bisa tersedia bagi konsumen di Tanjung Selor. Pada gilirannya diharapkan konsumen mempunyai alternatif gula mana yang akan dibeli/dikonsumsi.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Achmad Bintoro
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help