TribunKaltim/

Jadi Koordinator Kalimantan, Lumbis Segera Konsolidasi Calon DOB

“Kami akan bergerak bersama mendesak pemerintah agar segera menerbitkan PP

Jadi Koordinator Kalimantan, Lumbis Segera Konsolidasi Calon DOB
HO
Lumbis, S.Sos (ketiga dari kanan) saat mengikuti Forum Konsultasi Percepatan Calon DOB Seluruh Indonesia pada Senin (15/5/2017) lalu di Gedung DPR/MPR RI 



Laporan Wartawan Tribunkaltim.co, Niko Ruru

TRIBUNKALTIM.CO,NUNUKAN- Mengonsolidasikan seluruh presidium atau panitia persiapan Calon Daerah Otonomi Baru (DOB) di Pulau Kalimantan akan menjadi prioritas Lumbis S.Sos, setelah terpilih sebagai Koordinator Wilayah Kalimantan Forum Komunikasi Nasional Percepatan Calon DOB se-Indonesia.

“Kami akan bergerak bersama mendesak pemerintah agar segera menerbitkan PP. Selanjutnya mengupayakan setiap Calon DOB mengirim utusan untuk masuk dalam kepengurusan nasional, khusus bagi yang belum mengirim utusan,” ujarnya, Rabu (17/5/2017).

Lumbis mengatakan, pihaknya juga mengupayakan agar seluruh Calon DOB di Pulau Kalimantan mendapatkan skala prioritas untuk segera dibentuk pemerintah.

“Dan tentunya kami mensinergiskan gerakan secara nasional,” ujarnya.

Forum Komunikasi Nasional Percepatan Calon DOB se-Indonesia terbentuk pada Forum Konsultasi Percepatan Calon DOB Seluruh Indonesia pada Senin (15/5/2017) lalu di Gedung DPR/MPR RI.

Presidium atau panitia persiapan 174 Calon DOB dari seluruh Indonesia yang sudah mendapatkan persetujuan kolektif DPD RI untuk pengusulan periode 2016-2025 pada 4 Oktober 2016 lalu, menggelar pertemuan itu menyikapi lambatnya pemerintah pusat menerbitkan Peraturan Pemerintah tentang Desain Besar Penataan Daerah dan Desain Penataan Daerah.

“Padahal ini menjadi peraturan teknis turunan daripada Undang-Undang 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah,” katanya.

Lumbis merupakan utusan dari Calon DOB Kabupaten Bumi Dayak (Kabudaya) Perbatasan, pemekaran Kabupaten Nunukan.  Menyebutkan, pada pertemuan konsolidasi nasional itu para peserta mendesak diterbitkannya Peraturan Pemerintah tentang Pemerintah Persiapan, untuk Calon DOB yang sudah lengkap secara adminstrasi, syarat fisik kewilayahan dan memiliki sumber daya alam yang tidak membebani fiskal negara.

“Kami tetap akan mengawal secara nasional permohonan Calon DOB yang usulkan kepada pemerintah, yang sudah masuk dalam rekomendasi DPD RI atau yang kemudian menyusul,” ujarnya.

Momen terpenting dari konsolidasi yang digelar itu terpilihnya Bupati Bolaang Mangondow Timur, Provinsi Sulawesi Utara, Sehan Salim Landjar sebagai Ketua Umum Forum Komunikasi Nasional Percepatan Calon DOB se-Indonesia.

Dia dibantu ketua harian dan beberapa wakil ketua yang mewakili pulau besar di Indonesia seperti Pulau Sumatera, Pulau Kalimantan, Pulau Jawa, Pulau Sulawesi, Pulau Papua, Pulau Bali dan Nusa Tenggara Barat serta Pulau Ambon dan Nusa Tenggara Timur.

Sebagai Koordinator Wilayah Kalimantan yang terpilih secara aklamasi, Lumbis akan memimpin perjuangan pembentukan Calon DOB seperti Provinsi Kapuas Raya, Kabupaten Tayan Kalimantan Barat, Kabupaten Sekayam Raya Kalimantan Barat, Kabupaten Banua Landjak Kalimantan Barat, Kabupaten Katingan Utara Kalimantan Tengah,

Kabupaten Kapuas Ngaju Kalimantan Tengah, Kotawaringin Utara Kalimantan Tengah, Kabupaten Kutai Utara Kalimantan Timur, Kabupaten Paser Selatan Kalimantan Timur, Kabudaya Perbatasan Kalimantan Utara, Kota Sebatik Kalimantan Utara, Kabupaten Berau Pesisir Kalimantan Timur dan Kabupaten Kutai Pesisir Kalimantan Timur.

“Ini yang akan saya konsolidasikan termasuk tiga Calon DOB yang akan menyusul yaitu Kabupaten Apau Kayan, Kabupaten Krayan dan Kota Tanjung Selor di Kalimantan Utara,” ujarnya.(*)

Penulis: Niko Ruru
Editor: Achmad Bintoro
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help