TribunKaltim/

Begini Cara Membedakan Menstruasi dengan Pendarahan Karena Penyakit

Umumnya wanita mengalami siklus menstruasi 21-35 hari sekali, dengan lama menstruasi 3-7 hari. Sementara untuk jumlah darah menstruasi yang normal 30-

Begini Cara Membedakan Menstruasi dengan Pendarahan Karena Penyakit
istock
Ini Cara Membedakan Menstruasi Dengan Perdarahan Karena Penyakit 

TRIBUNKALTIM.CO - Menstruasi lazimnya rutin dialami wanita setiap bulan. Tiap wanita memiliki siklus menstruasi yang berbeda.

Umumnya wanita mengalami siklus menstruasi 21-35 hari sekali, dengan lama menstruasi 3-7 hari. Sementara untuk jumlah darah menstruasi yang normal 30-40 ml.

Jika kita mengalami menstruasi di luar batas normal di atas, ada baiknya segera berkonsultasi diri ke dokter.

"Harus di USG atau papsmear oleh obgyn. Biasanya di periksa bagian dalamnya," jelas dr. Toman Lomban Toruan, Sp. PD, KHOM.

Lantas benarkah jika menstruasi melebihi batas normal, itu tandanya kita mengalami perdarahan karena gejala penyakit tertentu?

Toman menjelaskan, “Sayangnya memang sulit membedakan antara menstruasi dengan perdarahan karena penyakit tertentu. Mirip sekali, ya.”

Baca: Waspada Kram Perut saat Menstruasi, Bisa Jadi Tanda Penyakit Ini

‎Namun, paling tidak kita sebagai wanita pasti mengetahui tanda-tanda menjelang menstruasi, seperti terasa pegal di tubuh, payudara mengeras, dan perubahan mood.

Jika tanda-tanda tersebut dirasakan sebelumnya, berarti kita mengalami menstruasi.

“Dan jika tidak, bisa jadi itu pertanda mengalami perdarahan karena gejala penyakit tertentu. Apalagi jika darah melebihi batas normal menstruasi,” tambah Toman yang menganjurkan untuk segera ke dokter spesialis obstetri dan ginekologi untuk mengetahui penyebab perdarahan dan pengobatan apa yang akan dijalani.

Jika ternyata anda mengalami gejala perdarahan, tidak usah banyak pertimbangan lagi.

Segeralah kunjungi dokter spesialis obstetri ginekologi untuk mengetahui penyebab perdarahan dan pengobatan apa yang akan dijalani. (TabloidNova/Menda Clara Florencia)

Editor: Ayuk Fitri
Sumber: Tabloid Nova
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help