TribunKaltim/
Home »

Bisnis

» Mikro

Mudik Lebaran

Catat Jadwalnya, Pemerintah Buka Lagi Mudik Gratis untuk Lebaran

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Pudji Hartanto menuturkan, terdapat perbedaan waktu pendaftaran mudik gratis.

Catat Jadwalnya, Pemerintah Buka Lagi Mudik Gratis untuk Lebaran
KOMPAS.com/Aldo Fenalosa
Ilustrasi mudik gratis 

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali menggelar mudik gratis bagi pemudik sepeda motor dengan menggunakan bus, kapal, dan kereta api pada tahun ini.

Pendaftaran mudik gratis tersebut bisa dilakukan secara online maupun secara langsung di sejumlah tempat di Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

"Pendaftaran secara online melalui portal mudikgratis.dephub.go.id," ujar Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi di Jakarta, Kamis (18/5/2017).

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Pudji Hartanto menuturkan, terdapat perbedaan waktu pendaftaran mudik gratis.

Untuk moda transportasi jalan yakni truk untuk motor dan bus untuk pemudik, pendaftaran secara online dan offline di mulai hari ini yakni 18 Mei hingga 16 Juni 2017.

Pendaftaran online bisa dilakukan di GOR Bulungan Blok M dan di Kantor Dishub Bekasi, Depok, dan Tangerang.

Adapun mudik gratis bagi pemudik sepeda motor menggunakan moda transportasi laut dimulai pada 29 Mei hingga 2 hari sebelum pemberangkatan.

Pendaftarannya hanya bisa secara online. Sementara itu, mudik gratis bagi pemudik sepeda motor menggunakan kereta api pendaftaran online sudah dimulai sejak 15 Februari hingga 14 Juni 2017.

Adapun pendaftaran offline sudah ditutup pada 16 April 2017.

Adapun persyaratan pendaftaran meliputi: sepeda motor harus dalam keadaan orisinil, membawa STNK dan SIM, tidak boleh ada modifikasi kendaraan, tidak boleh ada boks samping dan belakang, tanki bensin harus dalam keadaan kosong, dan kondisi motor layak jalan.

Tahun ini kapasitas penumpang mudik gratis mencapai 208.000 orang, naik 57 persen dibandingkan tahun lalu.

Sementara kapasitas untuk mengangkut motor sekitar 44.721 motor, naik sekitar 55 persen dibandingkan tahun lalu. Informasi lebih rinci seputar mudik gratis ini bisa dilihat di mudikgratis.dephub.go.id. (Kompas.com/Yoga Sukmana)

Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help